BENGKALIS, GORIAU.COM - Sedikitnya, delapan nama dinilai layak jadi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) menggantikan mantan Sekdakab, Asmaran Hasan yang meninggal dunia Kamis (13/6/2013) lalu.

Delapan nama itu adalah H Mukhlis (Kepala Inspektorat), H Burhanuddin (Asisten  Tata Praja), H Arianto (Asisten Perekonomian dan Pembangunan), H Tuah Hasrun Saili (Kepala Dinas Koperasi UMKM), H Umran (Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu), H Hermizon (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi), Ahmad Ramli (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan) dan M Syukri (Kepala Dinas Kesehatan).

''Delapan nama itu merupakan sosok yang layak diajukan menjadi Sekdakab. Pertimbangnnya, selain berdasarkan kinerja, mereka juga cukup dikenal luas kalangan masyarakat serta sudah cukup lama ngisi jabatan eselon II,'' ujar pemerhati pemerintahan di Bengkalis, Herry Jaya, Senin (17/6/2013).

''Bupati sebenarnya memiliki pilihan yang cukup banyak untuk mengisi jabatan Sekda. Walau nantinya yang akan menjabat Sekda itu hanya satu orang, tetapi rasanya salah satu dari kedelapan nama tersebut pantas menduduki posisi strategis di Pemerintahan Bengkalis ini,'' sebut Herry.

Apabila nanti muncul nama lain di luar kedelapan nama tersebut, berarti merupakan pilihan dari bupati sendiri. Berbagai pendapat bermunculan tentang siapa sosok yang akan menggantikan almarhum Asmaran Hasan, karena selama ini gaya kepemimpinan Asmaran saat menjabat sekda cukup unik dan familiar, walau terkesan keras dan mengedepankan disiplin.Sementara anggota Komisi I DPRD Bengkalis, Muhammad Nasir berharap dalam pengisian posisi sekdakab nantinya, Bupati harus betul-betul selektif dalam mengusulkan nama-nama calon ke Gubernur Riau. Ia sepakat agar Bupati secepatnya mengusulkan nama-nama calon sekda ke Gubernur Riau agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

''Soal siapa yang akan diusulkan serta menempati jabatan sekda nantinya, kita tidak mau intervensi. Yang terpenting  dalam waktu dekat ini harus ada pejabat yang ditunjuk menjadi pelaksana tugas dan tiga bulan ke depan sebaiknya sudah dilantik sekda definitif,'' harap Nasir.

Untuk mencari sosok Sekda seperti almarhum Asmaran Hasan memang sulit, karena karakter dan gaya kepemimpinannya cukup unik. Akan tetapimenurut Nasir, cukup banyak pejabat eselon II di Pemkab Bengkalis yang berpengalaman serta layak dipromosikan mengisi pos strategis tersebut.

''Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini pos Sekda sudah terisi, meski diyakini bakal dijabat plt terlebih dahulu. Tetapi hendaknya jangan terlalu lama,'' ingat Nasir. (jfk)