SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Untuk memotivasi peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ ) ke-14 tingkat Kabupaten Siak yang dilaksanakan di lapangan Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Bupati Siak H Syamsuar MSi menyiapkan tiket umrah gratis bagi Qori dan Qoriah dewasa terbaik.

"Agar lebih semangat, saya siapkan tiket umrah untuk Qori dan Qoriah dewasa terbaik. Ini bentuk komitmen kita mensyiarkan Islam di Negeri Istana ini," kata Syamsuar, saat membuka pelaksanaan MTQ ke-14 tingkat Kabupaten Siak di lapangan Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Senin (25/8/14) malam.

Dikatakan Syamsuar, selama memimpin Siak dengan Wakilnya Alfendri, MTQ di Mempura ini merupakan yang keempat, dimana dari tahun ke tahun terjadi peningkatan yang signifikan, baik dari sisi jumlah peserta, pawai taaruf maupun keberadaan stan bazar.

"Dari stan bazar yang disajikan masing-masing kecamatan, terlihat peningkatan dari tahun ke tahun. Begitu juga stan dari setiap SKPD, terlihat hasil usaha ekonomi kreatif yang mengalami kemajuan," ujar Bupati.

Memasuki usia Siak ke-15, lanjut Syamsuar, Pemkab terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana pendidikan agama Islam dengan membangun pesantren disetiap kecamatan. Bupati berharap, pelaksanaan MTQ bukan seremonial semata, tapi adanya peningkatan kualitas bagi setiap Qori dan Qoriahnya

"Setiap tahun, hasil MTQ selalu kita evaluasi," katanya.

Untuk meningkatkan kualitas itu, lanjut Bupati, pihak panitia juga menyiapkan anggota dewan dan majelis hakim tingkat Nasional dan provinsi Riau.

"Pelaksanaan MTQ ini jangan hanya seremonial, tapi momentum untuk mendorong kebiasaan mengaji bagi semua masyarakat Siak, terutama untuk diri saya pribadi," pungkasnya.

Salanjutnya, Bupati menyerahkan piala bergilir kepada Camat Mempura, Endi Derhavin dan memukul beduk tanda diresmikannya pelaksanaan MTQ ke-14 tingkat Kabupaten Siak.(nal)