BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh menyerahkan 5 unit ambulans desa untuk Kecamatan Rupat, Senin (10/2). Bantuan ini merupakan bagian program pembangunan bidang kesehatan Pemkab Bengkalis.

Bantuan ambulans desa ini diserahkan langsung oleh Bupati kepada Kepala Desa Darul Aman Amrizal, Kades Sukarjo Mesim Kasiren, Kades Pangkalan Nyirih Hasan Basri, Kades Sungai Cingam Azman. Penyerahan dilakukan di sela-sela panen raya di Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat.

Menurut Bupati, ambulans desa ini diberikan kepada desa-desa yang jauh dari pusat layanan kesehatan, seperti puskesmas maupun rumah sakit. Melalui bantuan ambulans desa ini, warga yang membutuhkan bisa langsung dibawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.Bupati menekankan kepada Kades untuk merawat ambulans desa ini dengan baik.

Untuk dana operasionalnya bisa dianggarkan melalui alokasi dana desa (ADD). Seperti untuk beli bahan bakar minyalk (BBM), servis maupun honor untuk supir.

Setelah menyerahkan bantuan ambulans desa, Bupati berkesempatan mengecek kelengkapan peralatan dan sarana pendukung lainnya. Bupati juga minta agar Kades untuk mengecek secara rutin kelengkapan medis seperti oksigen dan racun api.

Pada kesempatan itu Bupati juga membagikan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda) kepada warga di Kecamatan Rupat. Kartu Jamkesmasda diserahkan kepada warga yang selama ini belum memiliki kartu pelayanan kesehatan.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, sebanyak 12.111 kartu akan diserahkan. Sebelumnya, warga yang belum memiliki kartu Jamkesmasda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dengan menunjukan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP).

''Begitu menerima kartu Jamkesmasda, bapak-bapak dan ibu-ibu yang ingin berobat, cukup membawa kartu ini. Langsung dilayani petugas,'' tegas Bupati.(jfk)