TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sudah menjadi tradisi di Masjid Agung Al-Huda katika malam ke 27 Ramadan, Masjid terbesar di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ini menyelenggarakan katam qur'an. Dan pada katam di tahun ini, dihadiri pula oleh Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan,Kamis (24/7/2014).

Katam quran yang diikuti sebanyak 30 orang, yang terdiri dari remaja dan dewasa ini diselenggarakan sebagai puncak dari tadarusan yang diikuti oleh jemaah Masjid selama 26 malam sebelumnya.

Dalam kesempatan yang berharga itu, Bupati Inhil, HM Wardan yang bahkan membatalkan menghadiri buka puasa bersama Pemerintah Provinsi Riau hanya untuk mengikuti katam quran ini menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten merasa sangat senang karena semangat masyarakat Inhil sangat besar dalam melestarikan kegiatan yang penuh nilai ibadah ini.

''Selama bulan ramadan, di Masjid dan Mushala lain juga melaksanakan tadarusan, saya merasa sangat senang karena masyarakat masih tinggi kecintaannya kepada kitab suci umat islam ini,''sebut HM Wardan ketika menyampaikan sambutannya didepan para jamaah yang hadir saat itu.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini juga menambahkan, agar kegiatan ini selalu dipertahankan dan semakin dikembangkan, bukan hanya saat bulan ramadan saja. Tetapi juga bulan-bulan lainnya.

''Saya harap hal-hal seperti ini terus dilestarikan, bukan hanya di Al-Huda saja, namun diseluruh Masjid dan Mushala yang ada di Negeri Seribu Parit ini,'' kata HM Wardan.

Selain mengikuti katam quran, Bupati Inhil juga mengikuti buka puasa bersama, yang dihadri juga oleh Unsur Muspida, Sekda,Asisten II,Kepala SKPD, Kepala Kemenag, Ketua MUI Inhil serta jamaah Masjid Agung Al-Huda. (ayu)