BENGKALIS, GORIAU.COM - Sebagai pendamping dan guna menyukseskan berbagai program pembangunan di desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menempatkan Sarjana Pendamping Desa (SPD) di setiap desa. Keberadaan SPD ini memiliki peran yang strategis untuk membangun kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Terkait peran tersebut, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh kembali mengingatkan agar masing-masing SPD benar-benar dapat menjadi lokomotif perubahan serta motivator bagi masyarakat desa.

Salah satu peran tersebut, katanya, adalah mewujudkan tercapainya kemandirian dan swadaya desa maupun pelakukan usaha dalam memanfaatkan segenap potensi ekonomi dan usaha yang ada di desa masing-masing.

Karena, kata Bupati lagi, keberadaan SPD ini memang ditujukan untuk mempercepat peningkatan program yang dilaksanakan di masing-masing desa. Baik itu yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan usaha ekonomi masyarakat.

''Oleh sebab itu, bersama Kepala Desa, setiap SPD harus konsisten dalam menjalankan sejumlah program Pemkab Bengkalis bersama Kepala Desa. Jangan mengurus pekerjaan yang bukan menjadi kewajibannya sebagai pendamping desa. Harus senantiasa berada di desa yang didampinginya,'' ujar Herliyan.

Hal itu kembali disampaikan Herliyan saat membuka Turnamen Bola Voli dan Bulu Tangkis Pendamping Desa Cup Kecamatan Rupat. Pembukaan kegiatan yang dipusatkan di lapangan Unit Pelaksana Tehnis Dinas di Batu Panjang itu, dilaksanakan, Jumat (20/3/2015).

Di bagian lain, sesama SPD, harap Bupati, harus saling berkomunikasi dan berkoordinasi. Saling tukar informasi dan berkolaborasi. Sehingga jika ada persoalan yang dihadapi seorang SPD, dapat dibantu untuk mencarikan solusinya oleh SPD yang lain.

''Sinergisitas antar seluruh SPD ikut menentukan perpercepatan keberhasilan program yang dilaksanakan Pemkab Bengkalis di desa-desa,'' imbuh Herliyan seraya mengatakan menyambut baik ditajanya turnamen pendamping desa cup di Rupat tersebut.

Selain Camat Rupat Yusrizal, ikut mendampingi Bupati membuka turnamen yang diikuti peserta dari desa/kelurahan se-Kecamatan Rupat tersebut, diantaranya Sekretaris Daerah H Burhanuddin dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa H Ismail. (ail)