SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kelangkaan material bangunan di Kepulauan Meranti khususnya pada akhir tahun dimana semua kontraktor berlomba menyelesaikan proyek tidak akan terjadi lagi tahun depan. Pasalnya, Badan Usaha Milik daerah (BUMD) PT Bumi Meranti akan menjadi pemasok kebutuhan material untuk proyek-proyek yang ada di Kepulauan Meranti. Dengan dukungan Bumi Meranti, paling tidak permainan harga jelang tutup tahun tidak akan terjadi lagi.

''PT Bimi Meranti akan mempermudah para kontraktor dalam memenuhi bahan materialnya, selain itu dengan ketersediaan material, kontraktor bisa tidak akan molor lagi dalam penyelesaian proyek karena material terus ada. Kita akan stok material sesuai dengan kebutuhan Meranti,'' jelas Dirut PT BM, Mizan Asnawi\ saat sosialisasi di Grand Meranti Hotel Selatpanjang, Selasa (15/1/2013). 

Menurutnya, ke depan Bumi Meranti akan memasok pasir, tanah timbun, batu, semen, besi serta materialnya, sehingga kontraktor tidak usaha cemas akan kehabisan bahan. ''Tidak boleh ada alasan, proyek tidak selesai karena stok material putus,'' jelasnya.

Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Masrul Kasmy yang membuka dan ikut berdiskusi mengakui bahwa dalam pertemuan dengan Bupati Tanjung\ Balai Karimun beberapa waktu lalu, pihak Karimun siap mendukung penyediaan material yang dibutuhkan Meranti. ''Krena itu, kita menilai langkah BUMD mengambil peluang tersebut sangat tepat dalam rangka percepatan pembangunan,'' ujarnya.

Diakui Masrul, selama ini di saat musim proyek harga material melambung tinggi dan bahkan sampai hilang dari peredaran. Sehingga menyulitkan para rekanan untuk melaksanakan pembangunan dalam rangka percepatan dan kemajuan daerah. ''Makanya kita bersyukur pihak Karimun menyanggupi untuk menyuplai kebutuhan material bagi Kepulaan Meranti,” sebut Masrul.

Pada kesempatan itu juga Kepala Bank Riau Kepri, H Irianto menambahkan pihaknya siap mendukung dalam pembiyaan, namun tetap dengan sistem administrasi yang benar. (kpt)