PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Daerah (BPBPKD) Pelalawan, memberikan pelatihan terhadap 50 orang relawan bencana. Pelatihan relawan penangulangan bencana tersebut sudah kali ketiga digelar sejak tahun 2012 lalu.

"Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, bertempat di Hotel Ryan, Pangkalan Kerinci. Pelatihan dimulai sejak hari ini dan telah resmi dibuka oleh Sekdakab Pelalawan H. Tengku Mukhlis, M.Si tadi siang,"terang Kepala BPBPKD Pelalawan Abu Bakar, FE, Selasa (22/4/2014).

Dikatakan Abu Bakar, sebanyak 50 orang relawan dari masyarakat di 12 kecamatan di Kabupaten Pelalawan dilatih dan dibina oleh BPBPKD Pelalawan.

Dijelaskanya, hal itu bertujuan agar para relawan dapat memberikan informasi bencana yang ada di daerahnya dengan melakukan pencegahan awal jika terjadi suatu bencana.

"Para relawan dibekali pengetahuan untuk memantau dan memberikan informasi secara langsung serta perkembangan secara berkala kondisi didaerah dan pencegahan awal jika terjadi bencana seperti kebakaran lahan, banjir, angin kencang, longsor dan lain sebagainya,"jelasnya.

Sementara untuk pematerinya didatangkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BPBD Provinsi, Dinas Sosial Provinsi serta Dinas Sosial Kabupaten.

"Kegiatan ini di anggaran dari APBD Pelalawan yang ada di BPBPKD Pelalawan. Kita dari BPBPKD Pelalawan yang menaja kegiatan ini,"katanya.(rkn)