BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Tak ada yang tak bisa, asal ada kemauan dan usaha. Begitu pula untuk mereka tidak memiliki profesi yang jelas seperti anak terlantar, anak cacat dan anak nakal. Hanya saja, untuk melakukan perubahan dalam hidup, mereka perlu pembekalan yang memadai agar bisa lebih bermanfaat.

Seperti yang dilakukan di Rokan Hilir, Riau. Sedikitnya, 30 remaja mulai dari usia 16 hingga 35 tahun, se Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan pelatihan cara merangkai papan bunga serta menyablon. Kegiatan ini program pelatihan ketrampilan anak terlantar dan praktek belajar kerja bagi anak terlantar termasuk anak jalanan, anak cacat dan anak nakal yang diadakan oleh Dinas Sosial Rokan Hilir di Hotel Lucky Star, Jalan Sei Garam, Bagansiapiapi, Rabu (15/10/2014).

Kabid Rehabilitasi Dinas Sosial, H.Syafnurizal, SE kepada GoRiau.com mengatakan, program pelatihan ini adalah untuk mengurangi kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkoba dengan cara menciptakan lapangan kerja melalui pelatihan merangkai papan bunga dan sablon.

''Setelah pelatihan ini, kita harapkan remaja tidak menjadi beban keluarga dan masyarakat. Mereka diharapkan bisa berkarya dan mandiri,'' kata Syafruddin.

Adapun peserta pelatihan berasal dari 15 kecamatan yang diutus masing masing sebanyak 2 orang. Dinas sosial, sambungnya, akan senantiasa memfasilitasi pelaksanaan pelatihan guna menunjang keterampilan tenaga kerja agar kelak bisa mencukupi kebutuhan mereka.

Dikatakannya, pelatihan yang diberikan Dinsos tidak hanya sampai disini saja karena berkemungkinan besar jika anggaran memungkinkan, mereka juga akan mengadakan pelatihan khusus untuk pekerja seks komersial dengan memberikan keterampilan cara menyanggul atau salon. Hal itu dilakukan untuk mencegah menularnya penyakit mematikan mengingat Rokan Hilir merupakan peringkat ketiga atas terjangkitnya virus HIV se-Riau.

Tempat sama, salah satu narasumber yang juga pemilik usaha Sony Florist di Ujung Tanjung, Andi Wahyuhidayat mengungkapkan, bisnis papan bunga sangatlah menjanjikan. Pesanan biasanya datang dari perusahaan, instansi dan personal untuk berbagai acara seperti pelantikan, peresmian dan pernikahan. (amr)