PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Salah seorang panitia pemekaran Kabupaten Rokan Hulu, H Syamsurizal S, ST MT bertekad akan memperjuangkan Negeri Seribu Suluk di tingkat provinsi. Hak-hak Rokan Hulu harus diperjuangkan di tingkat provinsi, Rohul harus mendapat perhatian karena daerah pemekaran ini masih perlu banyak dukungan untuk percepatan pembangunan.

''Kita harus memperjuangan daerah ini agar berkembang, kita tidak hanya bisa mengandalkan APBD kabupaten, karena itu saya siap berjuang di Pileg 2014 mewakili Rokan Hulu,'' ujar Calon Legislatif (Caleg) Provinsi Riau nomor urut satu dari PAN ini.

Mantan pegawai Dinas Bina Marga dan Pengaraian (DBMP) Rohul mengatakan di satu sisi Rohul sangat berkembangan khususnya sektor perkebunan, namun kondisi paling memperihatinkan adalah sektor pangan karena baik secara luas lahan pangan dan produktifitas terus merosot, karena itu Rohul harus dibuat status siaga pangan.

''Karena itu perlu adanya jejaring atau kerja sama kolektif dengan pemerintah pusat, Pemrov Riau dan Pemkab Rohul untuk mengakomodir persoalan pangan sehingga tidak menjadi polemik di masa-masa mendatang,'' ujar Syamsurizal yang juga sebagai Ketua Pembangunan Pemekaran Rohul sesuai SK 5 Luhak di Rohul.

mengangkat Syamsurizal sebagai Ketua Pembangunan Pemekaran Rohul mengatakan, perlu adanya jejaring atau kerja sama kolektif dengan pemerintah pusat, Pemrov Riau dan Pemkab Rohul untuk mengankomodir persoalan ini, sehingga tidak menjadi polemik di masa-masa mendatang.

''Selain itu, tambahnya, perlu dikembangkan home industri, sehingga kebutuhan masyarakat dalam bertani bisa terakomodir sacara signifikan,'' kata Syamsurizal yang juga mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. (srt)