PEKANBARU, GORIAU.COM - Para veteran cukup terkejut saat mendengar sebuah pernyataan dari Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun. Lagi-lagi, ada wacana yang tidak terfikirkan oleh semua pihak yang kembali akan dilakukannya.

Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma yang berada di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau yang sudah menahun berdiri di sana akan dipindahkan. Cukup mengejutkan memang, tetapi semua tergantung pihak yang berkompeten memutuskan hal tersebut.

Gubri, H Annas Maamun mengutarakannya saat memberi sambutan pada acara ramah tamah dengan para pejuang kemerdekaan Riau, veteran, wredatama, warakawuri di Gedung Daerah Provinsi Riau, Jumat (15/8/14).

Namun sebelumnya, diutarakan Gubri bahwa usulan tersebut bukan datang darinya, melainkan usulan dari Danrem 031 WB, Prihadi Agus Iriatno dan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT.

"Selanjutnya disampaikan kepada saya dan saya setuju," kata Gubri.

Namun semua itu, kata Gubri, dikembalikan kepada para pejuang kemerdekaan Riau, veteran, wredatama, warakawuri yang ada. Karena semuanya merupakan pahlawan yang berjuang bersama mereka yang hadir dalam ramah tamah tersebut.

Lantas apa yang menjadi dasar munculnya usulan pemindahan TMP tersebut? Diterangkan Gubri, TMP terletak di Ibukota Provinsi Riau dan diapit sejumlah gedung dan peluang pembangunan yang semakin meningkat.

Sehingga dipandang sudah tidak lagi efesien jika tetap dipertahankan ke Kota Bertuah. Alternatifnya, kata Gubri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Pemko Pekanbaru akan menyiapkan lahan di Kecamatan Rumbai.

"Itu juga diusulkan Pak Walikota (Firdaus, red). Disediakan lahan sekitar 5 atau 6 hektar nantinya di Rumbai," sambung mantan Bupati Rokan Hilir ini.***