BENGKALIS, GORIAU.COM - Sempena Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis kurban 8 ekor sapi dan 1 ekor kambing (total 9 ekor). Sementara Badan Lingkungan Hidup (BLH) kurban 2 ekor sapi dan 2 ekor kerbau (total 4 ekor).

Tiga ekor sapi dan 1 ekor kambing disembelih di Kantor Bappeda, Sabtu pagi (26/9/2015). Sementara 5 ekor lagi didistribusikan ke sejumlah desa melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan penyembelihan yang dimulai pukul 07.30 WIB itu dipimpin Sekretaris Bappeda, H Imam Hakim dengan menghadirkan dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Pertanian Bengkalis guna memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat.

''Pagi ini kita menyembelih hewan kurban 3 sapi dan 1 ekor kambing yang pemotongan dilakukan di Kantor Bappeda. Untuk tahun ini, Bappeda kurban sebanyak 8 ekor sapi 1 kambing, 5 ekor didistribuskan ke masyarakat melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Bengkalis,'' ujar Imam Hakim.

Menurut Imam, untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat agar layak di konsumsi, sebelum disembelih kesehatan hewan di cek oleh dokter hewan dari Distanak. Selain itu cara penyembelihannya juga dilaksanakan sesuai syari'at, bagaimana penumbangannya penyembelihannya.

''Kurban tahun ini merupakan iuran karyawan Bappeda. Ada sebanyak 200 bungkus daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima dan pegawai di lingkungan Bappeda,'' ujarnya.

Kepala Bappeda Bengkalis, H Jondi Indra Bustian yang juga ikut menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban hingga selesai, mengatakan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Kantor Bappeda sudah rutin dilakukan. Selain bertujuan ibadah dengan membagi-bagikan daging kurban kepada yang berhak menerimanya, juga untuk meningkatkan hubungan silaturrahim dan kekeluargaan sesama keluarga besar Bappeda Bengkalis.

''Jarang-jarang bisa berkumpul santai seperti ini, karena kalau ke kantor sehari-harinya mereka kerja. Jadi kita manfaatkan momen kurban ini untuk lebih meningkatkan hubungan silaturrahim dan kekeluargaan antar sesama,'' ujar Jondi seraya menambahkan, hal itu juga yang menjadi alasan mengapa pelaksanaan kurban di Bappeda diadakan hari Sabtu, bukan Jumat karena hari Sabtu waktunya lebih panjang.

Acara pelaksanaan kurban di Bappeda ditutup dengan makan bersama. Berbagai menu masakan hasil olahan ibu-ibu di Bappeda tampak terhidang yang menggugah selera.

Di BLHSaat bersamaan, di Kantor BLH Bengkalis Jalan Pertanian juga digelar pemotongan hewan kurban sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kerbau. Penyembelihan dilakukan oleh staf dan karyawan yang dihadiri langsung kepala BLH, H Arman, AA.

Tahun ini, BLH Bengkalis kurban 4 ekor, terdiri dari 2 ekor sapi dan 2 ekor kerbau. Sementara yang disembelih di kantor sebanyak 2 ekor, 1 sapi dan 1 ekor kerbau. Sedangkan 2 ekor lagi didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan.

''Totalnya 4 ekor. Yang kita potong pagi tadi di kantor 2 ekor, (1 sapi dan 1 ekor kerbau). Sementara 2 ekor lagi, 1 ekor kita distribusikan ke Desa Bantan Air Kecamatan Bantan dan 1 lagi ke Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu,'' ujar Arman didampingi Sekretaris BLH, Agusrizal.

Hewan kurban yang disembelih di Kantor BLH tadi pagi, didistribusikan ke masyarakat sekitar kantor. Sisanya dimasak untuk makan siang bersama para staf dan karyawan BLH.(ail)