PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Banjir di Kecamatan Bonaidarusalam, Kabupaten Rokan Hulu semakin meluas dan telah merendam sekitar 2.182 rumah warga di lima desa. Sebagian warga harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Meski banjir di sejumlah kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu telah surut, namun di Kecamatan Bonaidarussalam sebagai daerah hilir ternyata semakin meluas, dari data Badan Penanggunagalan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu korban banjir yang terjadi ini di kecamatan ini telah merendam sebanyak 2.182 rumah warga.

Dari 5 desa tersebut, kondisidaerah terparah yang terkena dampak banjir berada Desa Sontang tercatat jumlah rumah terendam mencapai 745 rumah dan Bonai mencapai 651 KK, kedua daerah ini memang dikenal sebagai daerah rawan banjir hal ini di sebabkan, karena daerah ini merupakan pertemuan 2 sungai besar di Rokan Hulu yaitu Sungai Rokan Kanan dan Sungai Rokan Kiri.

Menurut Camat Bonai Darusalam Taslim, banjir di Kecamatan Bonaidarussalam sendiri diprediksi akan semakin meluas, karena masih tingginya debet air dari Sungai Rokan Kiri, menurutnya warga saat ini sangat membutuhkan bantuan berupa makanan siap saji beras dan obat-obatan, selain di dua desa tersebut, terdapat 3 desa lain yang juga mengalami banjir dengan intensitas sedang yaitu Desa Teluk Sono sebanyak 364 KK, Kasang Padang 305 KK dan Kasang Mungkal sebanyak 117 KK.

Pantauan di lapangan, selain kondisi rumah warga terendam banjir, juga Jalan Lintas Provinsi (Jalinprov) Sontang-Duri ikut terendam banjir, warga berbondong mengungsi ke lokasi yang telah disiapkan pihak Pemkab Rokan Hulu. (ram)