BENGKALIS, GORIAU.COM - Sesuai dengan rencana sebelumnya, bahwa jika tidak ada aral melintang, KH Anwar Zahid akan memberikan tausiah agama di Bengkalis, tepatnya di Lapangan Tugu, Minggu (4/10/2015) mendatang mulai pukul 19.30 WIB.

Kegiatan tersebut dirangkai sempena menyambut kedatangan tahun baru Islam 1437 Hijriah. Tidak hanya itu, acara ini juga dibarengi dengan pelantikan dan pengukuhan pengurus Paguyuban Keluarga Masyarakat Jawa (PKMJ) Bengkalis  yang saat ini diketuai Masuri.

Dengan menghadirkan penceramah kondang yang lugas dan tegas, serta humoris, sosok KH Anwar Zahid sudah pernah diundang untuk mengisi kegiatan keagamaan di berbagai acara di pelosoak negeri ini. Beliau juga merupakan pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum Bojonegoro Jawa Timur.

Maka dari itu, demi mendapat pengetahuan Agama dan terselenggaranya kegiatan ini dengan baik, Ketua terpilih PKMJ Kabupaten Bengkalis, Masuri SH, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya untuk menghadiri kegiatan tersebut. 

''Kegiatan bernuansa agama ini, selain merupakan salah satu agenda pengukuhan pengurus PKMJ, juga dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru 1437 Hijriyah. Kegiatan ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat Jawa semata, tapi seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya. Untuk itu, kami mengundang seluruh umat Islam, agar menghadiri Tabligh Akbar ini,'' ungkap Mahsuri, melalui Ketua Panitia Penyelenggara, Sumantari, Senin (28/9/2015).

Sementara itu, saat dijumpai Minggu (3/10/2015) sore, Sumantri kembali mengatakan bahwa penceramah kondang yang sengaja di undang tersebut akan hadir dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya. ''Sejauh ini, Insya Allahsemua masih berjalan sebagaimana renana kita. Kiyai Anwar Zahid yang kita undang, sampai hari ini menyanggupi undangan kita,'' katanya.

Mengenai kondisi kabut asap yang dikabarkan menghambat aktivitas Bandara Pekanbaru, Sumantri mengaku pasrah kepada Allah SWT. Karena hal itu tidak dapat diatasi oleh panitai penyelenggara.

''Sejauh ini informasi yang kita tahu, jarak pandang di Bandara Pekanbaru yang menjadi satu-satunya jalan agar Kiyai Anwar Zahid bisa ke Bengkalis masih berada di sekitar 1.400 meter. Tentunya sudah mulai membaik dan pesawat terbang bisa mendarat disana,'' ujarnya. 

''Namun, jika besok (Minggu,red) kondisi udaranya berubah dan menghambat pendaratan pesawat di Bandara Pekanbaru, ya itu kita pasrahkan sajalah dengan Allah,'' tambahnya. 

Yang jelas, lanjutnya, Jika di izinkan Allah, Kiyai akan datang sesuai rencana. Jika tidak, acara yang lain tetap kita jalankan tanpa dihadiri kiyai Anwar Zahid. Seperti pengukuhan pengurus dan lain sebagainya. ail-