PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar shalat Istisqo, Senin (13/7/2015), guna meminta kepada Tuhan agar diturunkan hujan dalam mengatasi kabut asap dari kebakaran lahan yang terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Riau. Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, dapat bergabung untuk shalat istisqo di halaman kantor Walikota Pekanbaru Jalan Sudirman pukul 08.00 pagi ini.

Sebagaimana diketahui akibat kabut asapa dari kebakaran hutan dalahan menyebabkan udara Pekanbaru dalam beberapa hari terakhir masuk kategori tidak sehat. Walikota Dr. H. Firdaus, ST, MT menyatakan, hanya meminta kepada Allah SWT saja yang dapat menyelesaikan persoalan asap tersebut.

"Segala upaya sudah dilakukan dengan cara manusia agar kabut asap tidak menyebar kemana-mana. Namun apakan daya, ini semua adalah alam. Tapi kita perlu ingat, tidak ada tempat meminta yang lebih baik selain kepada Allah SWT. Makanya, mari kita semua menggelar sholat Istisqo berjamaah di masjid, lapangan dan lainnya agar hujan bisa turun dan asap bisa hilang," imbau Walikota.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, jamaah diminta mengenakan pakaian serba putih dan membawa perlengkapan shalat yang dimiliki. Kondisi Pekanbaru merupakan kondisi alam yang menunjukan hawa panas. Karena itu, masyarakat diminta menggelar shalat Istisqo.

Selain itu, Wako sendiri juga sudah menginstruksikan kepada semua lapisan masyarakat agar melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Mengingat kabut asap yang terjadi akan berdampak pada kondisi kesehatan yang menurun.

"Kepada Dinas Kesehatan segera ambil tindakan, dan kepada Dinas Pendidikan agar orientasi kampus bagi siswa usahakan dilakukan dalam kelas, jangan di luar kelas," pesannya.(rul)