BENGKALIS,GORIAU.COM - Sebanyak 7.459 siswa SLTA dari seluruh jenjang pendidikan akan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan serentak mulai hari ini (14/4). Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis mentargetkan tingkat kelulusan tahun ini jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis H Herman Sani melalui Kabid Pendidikan Menengah, Zulpadhli kepada wartawan Minggu (13/4) mengatakan, kalau untuk pelaksanaan UN hari ini, seluruh persiapan sudah dilakukan dan tinggal menunggu hari H. ''Insyaallah, sampai hari ini (Minggu,red), tidak ada masalah. Baik untuk pendistribusian naskah, maupun jadwal monitoring hingga pengawasan oleh guru maupun independen serta pengamanan oleh pihak kepolisian sudah ok. Tinggal menunggu hari pelaksanaan,'' ujar Zulpadhli.

Untuk naskah, Zupadhli mengatakan, sudah distribusikan ke Polsek-Polsek dan dipilah-pilah. Dengan demikian, menjelang pelaksanaan UN Senin (14/4), petugas tinggal mengambil naskah ke Polsek tanpa perlu lagi mencari-cari. ''Bisa dikatakan, untuk pendistribusian naskah soal ini tidak ada masalah. Kemananannya pun terjamin sehingga dipastikan tidak bocor,'' ujarnya.

Terkait dengan persiapan sekolah, khususnya siswa, Zulpadhli mengatakan Disdik sejak enam bulan lalu sudah menyekolahkan guru-guru bidang studi yang di-UN-kan ke sejumlah perguruan tinggi di Yogyakarta, Jakarta dan Malang. Diharapkan, dengan program tersebut, pemantapan materi UN kepada para siswa jauh lebih baik.

''Kemudian di sekolah sendiri, seluruh materi UN sudah selesai diajarkan. Kemudian, digelar try out, berlatih membahas soal-soal dan tidak ketinggalan beberapa sekolah menggelar doa bersama,” papar Zulpadhli.

Persiapan dalam menghadapi UN menurut Zulpadhli tidak hanya bagi sekolah-sekolah di bawah naungan Disdik, melainkan juga madrasah, dari 7.459 peserta UN itu termasuk di dalamnya siswa MA.

''Dalam rapat terpadu bersama Kemenag sudah kita sampaikan juga agar tingkat kelulusan siswa madrasah turut ditingkatkan. Tingkat kelulusan UN siswa madrasah ikut menentukan kualitas pendidikan di Kabupaten Bengkalis,'' ujarnya seraya menambahkan kalau kabut asap yang terjadi beberapa waktu lalu tidak memberi dampak signifikan dalam persiapan pelaksanaan UN.(jfk)