PEKANBARU, GORIAU.COM - Kiriman asap dari provinsi tetangga semakin pekat menyelimuti langit Riau. Akibatnya, jarak pandang rendah dan berimbas pada lumpuhnya Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau. Setidaknya Rabu sore ini, 50 penerbangan, baik keberangkatan maupun kedatangan dibatalkan.

"Jarak pandang hingga sore ini hanya 400 meter, tidak ada aktivitas sama sekali," ungkap Staff Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Tony Hendrik kepada GoRiau.com, Rabu (30/9/2015).

Menurut penuturan Tony, tidak ada satupun pesawat yang mengudara di langit Riau. "Tidak ada aktivitas penerbangan, adanya aktivitas penumpang yang mengurus pengalihan jadwal (re-scedule) dan ada juga yang mengurus pengembalian uang (refund)," imbuhnya.

Adapun beberapa pesawat yang membatalkan penerbangannya antara lain, Garuda Indonesia GA 172 dari Jakarta, Garuda Indonesia GA 1z1 tujuan Jakarta, Batik Air ID 6852 dari Jakarta, Lion Air JT 393 tujuan Jakarta, Firefly FY 3409 dari Subang Malaysia, Malindo Air OD 310 dari Malacca dan Citilink.

Sementara itu, Distrik Sales Manager Citilink Pekanbaru, Ridwan mengatakan bahwa seluruh jadwal penerbangan Citilink dibatalkan. Mereka tidak 'berdaya' memaksakan terbang dengan kondisi kabut asap yang semakin tebal.

"Citilink kembali membatalkan seluruh penerbangan, totalnya 12 penerbangan pulang-pergi," ungkapnya.

Sedangkan penerbangan Citilink Pekanbaru-Jogja dibatalkan mulai 30 September 2015 hingga 1 Oktober 2015. Namun menurutnya semua aktivitas penerbangan tidak dapat dipastikan secara pasti mengingat situasi kabut asap yang tidak menentu.

"Citilink membatalkan penerbangannya karena kabut asap. Kondisi kabut asap yang tidak menentu ini terkadang mengecoh. Saat ini pekat, bisa saja mendadak tipis lalu pekat lagi. Tidak menentu," tutupnya.

Lanjut Ridwan, sejak Sabtu (26/9/2015) lalu, Citilink telah membatalkan seluruh penerbangan hingga hari Rabu sore ini. Setidaknya sudah 60 penerbangan yang dibatalkan selama lima hari terakhir.

"Sudah lima hari Citilink membatalkan seluruh penerbangannya. Sekitar 60 penerbangan telah dibatalkan," papar Ridwan kepada GoRiau.com, Rabu sore (30/9/2015).

Hingga berita ini diturunkan, pukul 15.00 WIB jarak pandang di Bandara SSK II Pekanbaru tetap bertahan sejauh 400 meter.***