BENGKALIS, GORIAU.COM - Dalam rangka pengaman pesta demokrasi pemilihan Gubernur an Wakil Gubernur Riau yang akan dilaksanakan 4 September mendatang, Polres Bengkalis menggelar apel gelar pasukan operasi mantap praja Pilgubri 2013 di halaman Mapolres, Jumat (16/8). Sebanyak 414 personil diterjunkan untuk mengamankan pesta demokrasi di Riau tersebut.

Hadir dalam gelar pasukan tersebut, Plt Sekda Burhanuddin, Ketua DPRD Jamal Abdilah, Ketua KPUD Bengkalis Iskandar, Ketua Panwaslu Bengkalis Sujarno, Forkopinda dan Ketua PPK serta Ketua PPS Kabupaten Bengkalis.

Kapolres Bengkalis AKBP Ulung Sampurna Jaya yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat dari Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono tentang kesiapan Polri menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2013.

 

''Apel gelar pasukan operasi mantap praja siak 2013 ini merupakan representasi dari kesiapan kita atas tanggungjawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dan seluruh rakyat indonesia khususnya masyarakat Riau untuk menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran penyelenggaraan Pilgubri 2013," papar Kapolres. 

Kapolres juga menghimbau dan mengajak seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pilgubri 2013, untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara kondusifitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan Pilgubri.

 

''Dalam melaksanakan pengamanan Pilgubri 2013 tidak serta merta akan berjalan lancar tanpa ada dukungan dan kerjasama pihak terkait, untuk saya imbau dan mengajak seluruh elemen terkait untuk sama-sama turut berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan situasi kondusif di kabupaten Bengkalis selama pelaksanaan Pilgubri, dan bagi TNI juga Polri pegang teguh komitmen netralitas kepada seluruh calon pasangan dan berikan pelayanan terbaik serta perlakuan yang sama bagi setiap calon pasangan,'' imbuhnya.

Polres menyiapkan 414 personil ditambah 2 Pleton pasukan Polda Riau yang siap mengamankan penyelenggaraan Pilgubri 2013 di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

''Kita telah siapkan 414 personil anggota kita, yang nantinya akan dibantu oleh TNI dan Linmas serta ditambah pasukan bantuan dari Polda Riau sebanyak dua pleton yang siap mengamankan pesta demokrasi masyarakat Riau dalam memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2013 ini,'' papar Kapolres

Usai gelar pasukan, dilanjutkan dengan pelatihan pengamanan operasi mantap praja yang dilaksanakan di ruang Tribrata lantai II Mapolres. Selanjutnya ratusan personil Polres menggelar simulasi pengamanan Pilgubri 2013 di halaman Mapolres Bengkalis.(jfk)