SELATPANJANG - Dijadwalkan akan ada pertandingan persahabatan antara klub sepakbola asal Singapore, Malaysia, dan Brunei Darussalam, di Stadion Purnama Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat, Riau. Tiga klub sepakbola luar negeri ini akan melawan juara Turnamen Sepakbola Mekong Cup ke 13 tahun 2016.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Kepala Desa Mekong A Rahman, ketika ditemui GoRiau di Stadion Purnama, Sabtu (16/4/2016) saat final Turnamen Sepakbola Mekong Cup ke 13 tahun 2016, antara Batosai FC dengan Lembayung Putra.

"Tiga negara sahabat itu sudah menyatakan kesiapannya datang dan bermain sepakbola di Desa Mekong," kata A Rahman.

Disampaikan A Rahman lagi, antara klub Malaysia, Singapore, dan Brunei Darussalam ini akan diadu dengan klub yang menjadi juara di Turnamen Sepakbola Mekong Cup 13 tahun 2016. Dimana, Batosai FC yang menjadi juara satu Mekong Cup 13 akan menjamu Tim Sepakbola dari Singapura, Lembayung Putra juara kedua akan menjamu tim dari Malaysia.

"Sedangkan tuan rumah akan melawan Brunei Darussalam," ujar A Rahman lagi.

Untuk waktu pelaksanaan pertandingan persahabatan itu, kata A Rahman pula, akan digelar dalam waktu dekat. "Pokoknya dalam waktu 10 hari kedepan sejak ditutupnya turnamen Mekong Cup ke 13 ini, pertandingan persahabatan itu telah kita laksanakan," beber laki-laki yang akrab dipanggil Daman itu.

Selain itu, sebagai syukuran atas terlaksananya dengan baik turnamen Mekong Cup ke 13 tahun 2016, A Rahman akan memanggil 8 besar klub yang kemarin bertanding untuk makan bersama. "Ini tak lepas dari support yang diberikan oleh anggota DPRD Riau, Drs H Ruspian," kata Daman lagi.

Daman menegaskan, apa yang Ia lakukan selama ini bukanlah ada unsur politis nya. Menurut Daman, jika ingin sepakbola maju jangan sekali-kali dipolitisir. "Sepakbola jangan dipolitisir, tapi kalau orang politik sah-sah saja mendukung majunya olahraga (Sepakbola, red)," tutur Daman lagi.

Sekedar informasi, Desa Mekong yang terletak di depan Selat Melaka itu merupakan desa yang sangat konsisten mengadakan pesta olahraga terutama Sepakbola. Hingga tahun 2016 ini, Desa Mekong telah melaksanakan sebanyak 23 kali. Dimana, atas nama Purnama Cup digelar sebanyak 10 tahun berturut-turut, sedangkan atas nama Mekong Cup sudah berlangsung selama 13 tahun berturut-turut. (*/zal)