PEKANBARU - Hingga Sabtu (27/2/2016) pagi tadi, jumlah titik panas (hotspot) di Sumatera, termasuk Provinsi Riau belum menunjukkan penurunan yang signifikan, dimana satelit Terra dan Aqua mencatat, ada sekitar 23 sebaran hotspot (Sumatera).

Demikian data yang dirangkum dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru. Disebutkan, ada 23 titik panas (hotspot) di Sumatera, menyebar di Aceh, Sumatera Utara dan Riau.

"Di Aceh ada tiga titik panas, Sumut enam dan Riau 14 titik panas. Sudah dua hari ini titik panas cukup meningkat, khususnya disebagian daerah Sumatera," sebut Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Di Riau sendiri, sambungnya, 14 titik panas ini berada di Kabupaten Bengkalis sebanyak 13 titik dan Kabupaten Siak satu titik panas.

"Untuk titik api dengan confidence di atas 70 persen, kita hitung ada 13, kesemuanya berada di Bengkalis," ulasnya, Sabtu pagi.

Sementara pantauan jarak pandang (visibility) pukul 07.00 WIB tadi, wilayah Rengat jarak pandangnya berkisar di angka 600 meter saja, dengan status kabut, di Pelalawan 5 Km dengan status (udara kabur). Sisanya masih normal.

"Pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata yang dapat disertai petir terjadi di wilayah Riau bagian tengah dan selatan pada siang atau sore dan malam hari," singkatnya. ***