PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, meminta kepada bupati dan walikota, untuk segera menuntaskan masalah perbatasan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2015 ini. Setidaknya, ada sekitar 18 segmen batas antar kabupaten/kota yang belum selesai.

"Perlu perhatian Pak Bupati dan Walikota, dalam penyelesaian batas wilayah," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Dipaparkan Plt Gubri, saat ini ada 23 segmen batas di Provinsi Riau. Dari jumlah itu, dua segmen telah diterbitkan SK Permendagri dan tiga segmen dalam proses di Kemendagri.

"Masih ada 18 segmen batas antar kabupaten/kota yang belum diselesaikan. Diharapkan, kepada bupati dan walikota agar pro aktif untuk menyelesaikan kesepakatan batas antar daerah," sebutnya.

Apabila tidak juga bisa diselesaikan lanjut Gubri, maka penyelesaiannya akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi.  Karena penyelesaian tapal batas ini, sangat penting untuk disegerakan menjelang Pilkada serentak.

Seperti diketahui, Pilkada serentak akan digelar di sembilan kabupaten/kota pada Desember mendatang. Antara lain, Kabupaten Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Bengkalis, Dumai, Pelalawan, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Rokan Hilir dan Siak.***