PEKANBARU, GORIAU.COM - Jelang kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan sidak ke lokasi-lokasi yang akan menjadi agenda 'blusukan' Jokowi nantinya.

Begitu juga dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti. Rencananya, setelah mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan bertolak ke Sungai Tohor Meranti.

Blusukan ke Sungai Tohor tersebut, Presiden akan berbincang-bincang atau berdialog dengan warga tempatan. Sementara bagaimana dengan pengamanan Jokowi selama berada di Riau?

Kepolisian Daerah (Polda) Riau telah menyiapkan sebanyak 1.700 personil untuk pengamanan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, mengatakan, ribuan polisi dari berbagai kesatuan ini, akan disebarkan di seluruh kawasan yang akan dilalui Jokowi.

Dipaparkan Guntur, tentu saja ribuan personil ini tidak berada di Ring I dalam melakukan pengamanan. Karena, pengamanan Ring I merupakan wewenang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Kita hanya mengamankan rute yang dilalui Presiden saja," katanya.

Sementara untuk pengamanan selama di Kabupaten Kepulauan Meranti, Guntur mengaku telah melakukan koordinasi dengan Polres setempat. Di Meranti, Presiden akan memantau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).***