SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pihak Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (15/1/2015) menyerahkan 976 Kartu Pegawai Elektronik (KPE) hasil perekaman tahap ll ke pihak Bank Riau Kepri. Dengan penyerahan itu, khusus di Meranti dari 3426 pegawai, baru ada sekitar 1976 yang sudah merekam untuk pembuatan KPE ini.


"Dari 3426 orang PNS yang ada di Meranti baru sekitar 1976 orang yang baru merekam untuk pembuatan KPE, artinya sudah lebih dari 50 persen pencapaian untuk program KPE ini," kata Kepala BKPP Kepulauan Meranti Revirianto melalui sekretarisnya M Edy Afrizal SE MM.
Kata Edy lagi, sebanyak 976 buah KPE hasil perekaman  tahap II itu diserahkan kepada pihak Bank untuk diinput di database. Setelah itu pihak Bank akan mendistribusikan ke SKPD terkait untuk dibagikan kepada pemilik KPE dan pemilik KPE segera membuka rekening atas namanya. Selain sebagai Kartu identitas Kepegawaian, KPE bisa juga dijadikan sebagai kartu ATM atas rekening bank yang sudah dibuka tersebut.
Ditambahkan kepala Bidang Informasi Kepegawaian BKPP Bakharuddin, KPE PNS ini dibuat guna memberikan kemudahan bagi pegawai di lingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti untuk memperoleh pelayanan, bukan saja masalah kepegawaian, namun juga kemudahan untuk perubahan status, perubahan data keluarga, serta fasilitas lainnya.
Mantan Kabid PNFI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengatakan bahwa untuk tahun 2015 ini program KPE tidak lagi dianggarkan melalui APBN namun pihak nya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait  anggaran KPE tersebut.
Sekda Kepulauan Meranti, Iqaruddin, mengaku dengan sistem KPE sangat membantu dan memberikan kemudahan bagi PNS dilingkungan Pemkab Meranti.
"Kerjasama ini sangat baik. Karena akan semakin memberikan kemudahan bagi PNS nantinya dalam berbagai hal seperti menyimpan uang, melakukan transaksi dan kecanggihan Kartu Kepegawaian," katanya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa di dalam KPE PNS itu sendiri ada dua pembaca data disana yakni menggunakan chip dan magnetik. Pembuatan kartu tersebut juga menjadi tanggung jawab pihak Bank Riau Kepri atas setiap PNS yang akan diberikan.(zal)