PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Setelah melalui perjuangan dan penantian selama 12 tahun, akhirnya ratusan Kepala Keluarga (KK) transmigrasi umum di SP1 Desa Kuala Tolam dan SP2 Pelalawan, Kecamatan Pelalawan akan segera mendapatkan kebun sawit dengan pola kemitraan bersama PT SWP.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pelalawan, Drs H Nasri Fisda Eli, M.Si, Rabu (24/12/2014). Dikatakan Nasri, hampir 70 persen persiapan sudah rampung dilakukan. 

"Saat ini warga sedang membuat badan hukum (Koperasi,red) untuk membuat kesepakatan dengan perusahaan,'' katanya.

Dikatakan Nasri lagi, sebagai tindak lanjut upaya realisasi itu akan ada pertemuan lanjutannya antara warga dengan pihak perusahaan.

Disebutkan Nasri juga, untuk luas lahan usaha dan penghidupan yang akan diberikan kepada warga transmigrasi ini, masing-masing KK akan mendapatkan lahan seluas 1,7 hingga 1,8 hektar.

''Nantinya masarakat akan mendapat kebun yang sudah jadi, dimana luasnya belum pasti, namun kira-kira 1,7 atau 1,8 hektar/KK,'' sebutnya.

Seperti diketahui, Pemkab Pelalawan terus berupaya memperjuangkan nasib 202 KK transmigrasi yang sudah 12 tahun ini memperjuangkan haknya.

Kendati ratusan warga ini sudah memiliki rumah yang disediakan pemerintah, namun warga transmigrasi ini belum mendapatkan hak mereka, terutama  lahan usaha.(***)