SELATPANJANG - Puluhan wartawan dari berbagai media di Provinsi Riau dan Papua Tengah antusias mengikuti pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat secara daring, Senin (15/4/2024).

Peserta pra UKW tersebut diikuti lebih dari 50 peserta. Peserta yang ikut ini merupakan para wartawan yang telah lulus seleksi administrasi untuk mengikuti UKW gratis yang diselenggarakan oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). UKW tersebut akan diikuti sebanyak 60 peserta yang dibagi menjadi 5 kelas.

Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun menyampaikan bahwa kegiatan pra UKW dilaksanakan sebagai bekal bagi peserta sebelum mengikuti pelaksanaan UKW.

"Materi yang akan disampaikan oleh pemateri tentang dasar-dasar jurnalistik, sehingga Pra-UKW wajib diikuti oleh seluruh peserta UKW," ungkapnya.

Selanjutnya, kepada seluruh peserta, Hendry Ch Bangun meminta untuk fokus mengikuti Pra UKW tersebut, dan dengan digelar Pra UKW ini para peserta mendapatkan referensi materi-materi jurnalistik.

"Dengan mengikuti para UKW ini diharapkan para peserta bisa lulus dengan hasil yang memuaskan nantinya," harapnya.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan ke Sesi I dengan narasumber Sayid Iskandarsyah, yang menjelaskan materi tentang kode etik jurnalistik dan hukum pers.

Kemudian, Sesi II, narasumber Firdaus Komar menjelaskan tentang standar kompetensi wartawan, bahasa Indonesia jurnalistik, perencanaan liputan, investigasi, editing dan evaluasi.

Terakhir ke Sesi III, narasumber M Nasir dengan materi teknik wawancara, penulisan berita (straight news, feature dan tajuk).

Setiap narasumber menyampaikan dengan metode presentasi, penugasan, dilanjutkan dengan tanya jawab/diskusi, dan kesimpulan.

Untuk diketahui, UKW di Nabire, Provinsi Papua Tengah akan digelar selama 2 hari, yakni tanggal 18-19 April 2024, sementara UKW di Provinsi Riau akan digelar pada tanggal 23-24 April 2024. ***