LONDON – Arsenal gagal balik ke puncak klasemen Premier League setelah dipermalukan tamunya, Aston Villa. Meriam London menyerah dua gol tanpa balas.

Arsenal Vs Aston Villa tersaji di Emirates Stadium pada pekan ke-33 Premier League, Ahad (15/4/2024) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Aston Villa mengaum di babak kedua dengan mencetak dua gol. Leon Bailey dan Ollie Watkins jadi mimpi buruk Arsenal, sekaligus memastikan kemenangan anak asuh Enai Emery 2-0.

Hasil ini membuat Arsenal tertahan di urutan kedua klasemen Premier League dengan 71 poin, tertinggal dua angka dari Manchester City. Aston Villa balik ke empat besar dengan 63 poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama didapat Arsenal pada menit kesepuluh. Bola tembakan Kai Havertz di kotak penalti bisa ditepis Emiliano Martinez.

Kans emas kembali diperoleh Arsenal tujuh menit berselang. Bola tandukan Gabriel Jesus di dekat gawang masih meleset dari sasaran.

Arsenal terus menggempur pertahanan Aston Villa. Bola sundulan Bukayo Saka pada menit ke-38 melayang di atas mistar gawang Aston Villa.

Aston Villa nyaris mencetak gol semenit berselang. Bola tembakan menyusur tanah Ollie Watkins membentur tiang gawang.

Penyelamatan gemilang dilakukan Martinez tak lama berselang. Kiper Aston Villa itu menepis bola tap-in Leandro Trossards dengan kakinya. Skor 0-0 jadi hasil akhir babak pertama.

Arsenal terus mengepung pertahanan Aston Villa selepas turun minum. Belum ada peluang berbahaya hingga menit ke-60.

Peluang emas justru didapat Aston Villa di menit ke-61. Bola sepakan melengkung Youri Tielemans membentur mistar gawang.

Arsenal balik mengancam dua menit kemudian. Bola tembakan Gabriel Jesus dari luar kotak penalti bisa ditepis Martinez.

GOL! Aston Villa memecah kebuntuan di menit ke-83. Pemain pengganti, Leon Bailey, mencatatkan namanya di papan skor.

Bailey menyambar masuk umpan silang mendatar Lucas Digne dari sisi kiri. Villa memimpin 1-0.

GOL! Aston Villa menggandakan keunggulan tiga menit kemudian. Kali ini giliran Ollie Watkins yang membungkam Emirates Stadium.

Berawal dari serangan balik, Youri Tielemans mengirim bola lambung ke Watkins yang kemudian sukses menceploskan bola dengan bola lob melewati David Raya. Villa menjauh 2-0.

Arsenal tak kuasa mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Skor 2-0 untuk Aston Villa jadi hasil akhir pertandingan.***