PADANG - Rendang yang enak dan tidak dimiliki daerah lainnya, telah mengantarkan Sumatera Barat terkenal hingga ke manca negara. Bahkan sebagai bentuk penghargaan, Kota Padang dipilih menjadi tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 karena ''rendang'' telah didaulat menjadi masakan terlezat di dunia.

''Jadi dunia bisa merasakan bagaimana nikmatnya rendang dan masakan Minang lain,'' kata Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamada Madya Widodo.

Laksamana Madya Widodo menyatakan hal ini pada acara jamuan makan malam dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran, Senin (1/2/16) malam. Widodo berharap event ini akan menarik delegasi asing, dan menjadikan Padang sebagai destinasi wisata secara berkala.

Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 akan diikuti 36 Negara dan berlangsung 16-23 April 2016 di Kota Padang. Widodo mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

''Transportasi, pengamanan serta keramahan “urang minang” perlu untuk dijaga, karena hal tersebut yang akan diceritakan oleh para delegasi tersebut ketika mereka pulang ke kampungnya,'' kata Widodo.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar menyatakan bangga bahwa Sumatera Barat terpilih sebagai tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo 2016. ''Event ini akan sangat banyak membawa dampak positif untuk Sumatera Barat, sektor pembangunan, pariwisata dan pendapatan masyarakat pasti akan bertambah,'' sebut Sekda. ***