PEKANBARU, GORIAU.COM - Nasib pegawai honorer kategori dua (K2) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau makin tak jelas. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) masih ngotot dengan Surat Pernyataan Mutlak Kepala Daerah.

Setidaknya ada 100 honorer K2 yang terus mempertanyakan nasib Nomor Induk Pegawai (NIP) mereka kepada Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat. Namun mereka yang lulus pada tes CPNS K2 tahun 2013 lalu tidak kunjung ditetapkan sebagai PNS.

Kondisi tersebut dikhawatirkan dapat memperparah penantian honorer yang sudah cukup panjang. Dalam hal ini, Pemprov Riau tetap berjanji memberikan yang terbaik untuk calon aparatur pemerintah tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau M Guntur mengatakan, pihaknya telah berkali-kali melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. "Kita juga terus berkoordinasi dan mencarikan solusi. Diharap untuk bersabar," ujar Guntur.

Sejauh ini, BKN masih bertahan dengan persyaratan administrasi tersebut untuk pengurusan NIP. Permasalahan pernyataan mutlak itu tidak hanya dikeluhkan Riau. Sebagian besar daerah dan beberapa kementerian juga mempermasalahkan hal tersebut.***