PEKANBARU, GORIAU.COM - Demi meningkatkan pembangunan dan perekonomian desa di Riau, Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun akan memberikan kucuran dana kepada setiap desa di Riau sebesar Rp600 juta setiap tahunnya.

Dana tersebut akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau. Dimana jika dikalkulasikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menyediakan sekitar Rp1 triliun untuk seluruh desa.

Agar nantinya desa-desa di Riau dapat menjalankan perannya dalam peningkatan taraf hidup dan perekonomian masyarakat. Hanya saja memang, ia mengaku tidak akan memberikan dana langsung kepada desa-desa yang berjumlah sekitar 1.600-an tersebut.

Namun belum diketahui kapan wacana tersebut akan dimulai. "Tetapi anggaran atau dana itu tidak serta merta kita berikan kepada setiap desa, nanti akan ada mekanismenya," kata Gubri.

Karena dijelaskan Gubri, jika anggaran sebesar itu langsung diberikan kepada masing-masing desa, bisa dipastikan banyak tidak berjalan.

"Tujuannya tetap mengembangkan desa, bagaimana ke depan seluruh desa di Riau bisa mejadi lebih baik dan mampu bersaing," ujar Gubri.

"Kalau anggaran langsung kita serahkan, nanti hanya digunakan sekedar saja. Sejumlah pembangunan hanya dibangun asal jadi saja," sambungnya.

Gubri menginginkan agar programnya yang tertuang dalam visi dan misi pada RPJMD 2014-2019 mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat Riau. (adv)