PASIR PENGARAIAN - Usai menjalani berbagai proses tahapan, baik di dalam internal tim pemenangan dan konsolidasi eksternal dengan beberapa partai pengusung, birokrat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul), Anton, ST, MM menyatakan kesiapannya untuk ikut maju berkompetisi menuju Pemilihan Bupati (Pilbup)  Rohul dalam Pilkada Serentak November 2024 mendatang.

Berbagai perencanaan matang, terutama menyangkut program serta visi misi untuk menjadikan Rokan Hulu lebih baik lagi sudah dicanangkan jauh hari sebelumnya. Dengan segudang pengalaman lebih dari dua puluh tahun berada di Dinas PUPR Kabupaten Rohul, Anton yakin dirinya paham betul mengenai sisi fundamentalis peningkatan infrastruktur di Rohul sendiri.

Kepada GoRiau.com, Senin (5/5), Anton mengatakan perlunya peningkatan infrastruktur, khususnya kelaikan jalan sebagai pusat penghubung antar desa dan Kecamatan di seluruh Rokan Hulu. "Hal paling mendasar adalah bagaimana Pemkab Rohul membangun kelaikan infrastruktur jalan penghubung antar desa dan Kecamatan guna mempermudah produksi hasil pertanian dan perkebunan", ucap Anton.

Birokrat Pemkab Rohul ini pun sadar betul, dengan kekuatan APBD tiap tahun nya dan keterbatasan kewenangan serta kebijakan yang dirasakan selama ini tidak akan mampu memaksimalkan pembangunan infrastruktur sesuai perencanaan."Artinya Pemkab Rohul harus memiliki lobi dan teknik pendekatan, baik dengan Pemprov Riau serta khususnya Kementerian PUPR di pusat", tambah Bakal calon (Balon) Bupati Rohul ini lagi.

Lebih dari dua puluh tahun birokrat Pemkab Rohul ini berupaya untuk menjalankan program kegiatan pembangunan infrastruktur yang bersentuhan dengan skala program kegiatan UPT Wilayah VI PUPR-PKPP Provinsi Riau dan juga Satker Kementerian PUPR, namun selalu terkendala problem kewenangan dan kebijakan.

"Dari segala upaya yang saya lakukan selama ini, menjadi trigger bagi saya untuk maju menjadi calon Bupati agar dapat memaksimalkan fungsi kebijakan untuk infrastruktur jalan dan jembatan", sambung Anton lagi.

Secara eksplisit, Penekanan Anton untuk beberapa program dan kegiatan infrastruktur, utamanya pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan dapat lebih memanfaatkan dana Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau dan Kegiatan Satuan Kerja (Satker) Kementerian PUPR.

Anton kembali menegaskan pentingnya pembangunan infrastruktur, terutama akses jalan penghubung antar desa dan Kecamatan. "Komoditas utama Kabupaten Rohul adalah hasil pertanian dan perkebunan, artinya jalan penghubung memegang peran vital untuk produksi hasil komoditi", terang Calon Bupati Rohul ini.

Secara spesifik, Anton ingin menyelesaikan permasalahan akses transportasi yang selama ini cukup menghambat akses produksi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat. "Ke depan apabila terpilih saya akan menyelesaikan seluruh permasalahan, terkait pembangunan maupun perbaikan yang menjadi kendala karena keterbatasan masalah kewenangan dan kebijakan", jelas Anton lagi.

Terakhir, menurut Anton, masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikerjakan untuk memajukan Rokan Hulu ke depan, namun beberapa skala prioritas sudah menjadi program seratus hari pertama apabila dirinya terpilih sebagai Bupati Rohul periode 2024 - 2029.

"Beberapa sektor perbaikan masih harus dikerjakan, namun pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama saya nantinya", tutup Anton mengakhiri. ***