PEKANBARU - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, saat ini mulai melakukan seleksi untuk menunjuk Wakil Riau, dalam ajang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN).

Seperti dituturkan Kadispora Riau Erisman Yahya, Senin (6/5/2024), dalam proses seleksi tersebut, pihaknya melakukan secara bertahap.

"Ada 20 peserta yang akan menjalani seleksi. Mereka adalah perwakilan dari 12 kabupaten dan kota se-Riau . Para peserta seleksi ini berusia 16 hingga 30 tahun," terangnya.

Dari titik i i, Dispora Riau akan menyeleksi menjadi 10 orang peserta terbaik. "Selanjutnya kita akan mengirim mereka untuk diseleksi lagi oleh Kemenpora RI sehingga menjadi 1 orang yang dinilai layak untuk mengikuti program Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA), " terangnya lagi. 

GoRiau

Dibandingkan tahun sebelumnya, Wakil Riau yang mengikuti ajang ini memang mengalami pengurangan. Pada tahun 2023 lalu, Riau mengirim dua wakilnya dalam ajang PPAN ini. Salah satunya, adalah untuk Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor), di mana Riau mengirim seorang perempuan. Sedangkan untuk program Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Program (SIYLEP), Riau mengirimkan satu laki-laki.

"Mengingat seleksi yang tampaknya lebih ketat, kira harapkan mereka yang menjadi utusan ke Kemenpora, kita harap benar-benar serius, persiapkan diri senaksimal mungkin, " harapnya. 

GoRiau

Sementara itu, Kabid Pemuda Dispora Riau, Helfandi, SE, MSi menambahkan, untuk proses seleksi di Dispora Riau, pihaknya menggandeng PCNU Riau dan akademisi.

Seleksi meliputi tes tertulis, pidato Bahasa Inggris, penampilan seni budaya, community development dan interview.

"Seleksi sudah kita laksanakan sejak tanggal 6 Mei dan dan berlanjut hingga 8 Mei 2024, di Hotel Mutiara Merdeka, " terangnya.

Dasar kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan; Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dispora Riau Tahun Anggaran 2024, Surat Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Nomor : B-PP.04.01/3.22.18/D-II.5/2024 tentang Seleksi Calon Peserta PPAN Tahun 2024. ***