LONDON - Azan berkumandang di Stadion Wembley, London, United Kingdom (UK), pada hari ke-26 Ramadan atau tepatnya 31 Mei 2019.

Dikutip dari tribunnews.com, hal tersebut dilakukan dalam rangka Open Iftar 2019, yang juga diselenggarakan di sejumlah lokasi lainnya di Inggris dalam waktu yang sama.

Open Iftar 2019 merupakan acara buka puasa bersama yang juga banyak dikenal di berbagai lokasi lainnya, termasuk di Indonesia.

Kegiatan berbuka bersama diselenggarakan di berbagai lokasi termasuk di Indonesia, khususnya di sejumlah masjid.

Ads
Video azan di Stadion Wembley tersebut beredar luas dan mendapat beragam tanggapan dari warganet.

Sebagaimana ditulis @muhammadhusein_gaza melalui akun pribadinya:

''Untuk pertama kali nya dalam sejarah, lantunan azan dikumandangkan di stadion Wembley, London, Inggris.

Hal tersebut dilakukan dalam salah satu rangkaian acara Open Iftar 2019, acara yang diselenggarakan oleh Ramadhan Tent Project, sebuah komunitas muslim Inggris. Open Iftar sendiri merupakan acara buka puasa bersama yang boleh diikuti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda.

Acara tersebut tak hanya diperuntukkan bagi orang Islam, boleh dihadiri oleh orang-orang yang berasal dari agama lain, bahkan ateis sekali pun. ⁣

Tujuan acara Open Iftar dilakukan adalah untuk memperkenalkan kepada publik tentang bulan Ramadhan dan juga tentang agama Islam.

Acara Open Iftar diadakan di tempat-tempat berbeda selama bulan Ramadhan. Khusus pada acara yang dilangsungkan di stadion Wembley kemarin, Open Iftar bekerja sama dengan federasi sepakbola Inggris (FA).⁣

Suka tidak suka, Islam akan kembali ke masa kejayaannya.''

Ada juga warganet yang menyentil fenomena suara azan dengan pengeras suara tersebut. Soalnya di negaranya, azan dengan pengeras suara dinilai mengganggu dan diminta tidak dilakukan.

  ikhsandrmwn_: Tanda tanda kebangkitan Islam.

taufiqurohmannasution: Artinya "buka terbuka"

rangga83: Alhamdulillah perkembangan islam sgt signifikan di UK, semoga Allah mudahkan dan muliakan jalan para pendakwah di sana, aamiin

aldyfiqri96: Kalo gak salah Wali Kota london itu muslim juga gak sih?

safrud91din: Iya betul,,mereka akan berbondong-bondong masuk islam. anisabyyan: Masha Allah...dmna saat dnegara qt sendiri suara adzan dlarang dkumandangkan pakai speaker justru negara lain yg minoritas islam dgn bangga mengkumandangkan suara adzan, Subhanallah...

fadilberkata_: Janji Allah, janji yang tak pernah ingkar.***