BENGKULU, GORIAU.COM - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menggunakan cara tak lazim untuk memakmurkan masjid. Ia mencanangkan Program Salat Zuhur Berjamaah Berhadiah. Tak tanggung-tanggung, hadiah utamanya sebuah mobil.

Orang nomor 1 di Pemko Bengkulu itu menyediakan hadiah mobil Toyota Innova dan Toyota Avanza bagi warga yang rajin salat zuhur berjamaah di masjid. Selain itu juga disiapkan hadiah umroh dan haji gratis.

Program itu telah dimulai Rabu (12/2) kemarin. Ribuan orang pun memadati Masjid At-Taqwa untuk menunaikan salat Zuhur berjamaah. Namun kebanyakan mereka adalah para pegawai negeri. Sejak pukul 11.45 WIB sudah ramai yang datang ke masjid tersebut.

''Program ini dalam rangka Program Bengkuluku Relijius. Dan program ini tentunya bukan datang langsung begitu saja, ini dilakukan diskusi dengan melibatkan tokoh agama mulai dari MUI, Kemenag, NU dan Muhammadiyah,'' kata Helmi Hasan di hadapan para jemaah salat Zuhur berjamaah di masjid At-Taqwa, Rabu (12/2) siang.

Menurutnya, hadiah itu bukan didanai dari APBD. ''Hadiah utama satu unit mobil Innova adalah milik pribadi saya. Bagi jamaah yang taat dan tak pernah tinggal salat berjamaah,'' katanya.

Ia mengungkapkan, program salat berjamaah berhadiah ini ke depan akan terus berlanjut di tiap kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Bengkulu. Dengan tujuan dan niat untuk memakmurkan masjid yang ada di Kota Bengkulu.

''Selama ini kita lihat masjid selalu sepi dengan para jamaahnya, ini bentuk motivasi kita. Niatnya memakmurkan masjid. Apalagi Rasulullah bersabda seseorang yang melakukan salat berjamah akan dilipatgandakan dua puluh kali lipat dibandingkan dengan salat di rumah atau di tokonya. Dalam hadist pertama juga dinyatakan bahwa keutamaan salat berjamaah adalah dua puluh tujuh kali lebih utama daripada salat sendiri,'' terangnya. (***)