NEW DELHI - Rasanya sulit dipercaya, ada orang yang meninggal dua kali. Namun itulah yang terjadi seorang wanita berusia 45 tahun di India.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu meninggal dua kali di rumah sakit berbeda pada hari yang sama. Kejadian tak lazim ini dikenal sebagai ''fenomena lazarus''.

Dikutip dari sindonews.com, wanita ini menderita penyakit paru obstruktif kronis, suatu kondisi paru-paru inflamasi yang sangat memengaruhi aliran udara.

Dia dirawat di rumah sakit untuk perawatan, tetapi dinyatakan meninggal di Government Multispeciality Hospital 16 di Chandigarh. Dia dinyatakan meninggal secara medis.

Keluarganya yang berduka menunggu di rumah sakit selama tiga jam sampai ambulans membawa jenazahnya ke rumah mereka sehingga mereka dapat menyiapkan pengaturan pemakaman wanita tersebut.

Dalam perjalanan ke rumah, kerabatnya yang sudah putus asa, melihat jenazah wanita itu berkedut. Mereka pun bergegas membawa wanita itu ke rumah sakit lain.

Sedihnya, setelah dua jam percobaan resusitasi darurat, wanita itu dinyatakan meninggal secara resmi untuk keduakalinya di Emergency of the Government Medical College and Hospital (GMCH) 32, Chandigarh.

''Dalam istilah medis, ini disebut 'fenomena lazarus' dan di seluruh dunia hanya 38 kasus semacam itu yang telah dilaporkan sejauh ini,'' kata Dr Dasari Harish, kepala departemen forensik GMCH 32, seperti dikutip dari Times of India, Kamis, 17 Oktober 2019.

Sebuah komite dibentuk untuk menentukan apakah segala bentuk malapraktik telah terjadi sepanjang penanganan wanita tersebut. Namun, tidak ada kesalahan penanganan yang terungkap.

Harish mendalilkan bahwa beberapa "obat penyelamat" yang diberikan kepada pasien dalam situasi krisis dapat memiliki efek yang lebih tahan lama daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan mungkin memang menghidupkan kembali pasien sementara setelah pasien secara resmi dinyatakan meninggal.***