BANGKOK - Otoritas kesehatan Thailand melaporkan kematian pertama akibat terinfeksi virus corona di negeri Gajah Putih tersebut, Ahad (1/3/2020). Korban tewas adalah seorang pria berusia 35 tahun.

Dikutip dari beritasatu.com, Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand Suwanchai Wattanayingcharoen, Ahad, mengungkapkan, Thailand mencatat 42 kasus corona sejak Januari 2020. Dari total jumlah itu, 30 pulih dan 11 masih dirawat di rumah sakit.

Pria yang meninggal itu telah bekerja di sektor ritel, tempat ia melakukan kontak dengan banyak turis selama tahap awal wabah.

''Ini adalah kasus penularan lokal, dan dia berisiko karena terkena paparan wisatawan China,'' kata Suwanchai pada konferensi pers.

Pasien itu pertama kali dirawat di rumah sakit swasta karena demam berdarah pada 27 Januari. ''Pasien kemudian didiagnosis corona dan dipindahkan pada 5 Februari ke pusat perawatan utama pemerintah,'' kata Suwanchai.

Dia meninggal karena gagal sejumlah organ tubuh pada Sabtu malam.

Langkah-langkah baru untuk menangani penyebaran corona- yang sebelumnya diperkenalkan oleh Komite Nasional Thailand untuk Penyakit Menular - mulai berlaku pada Ahad.

Pejabat kesehatan sekarang dapat memerintahkan mereka yang dicurigai terinfeksi dikarantina dan menjalani perawatan. Pejabat juga dapat memerintahkan penutupan tempat dan area publik karena diduga ada virus.***