LEBAK - Sebuah mushaf kitab suci Alquran ditemukan masih dalam kondisi kering dan bersih di Pondok Pesantren (Ponpes) La Tansa, Kampung Parakansantri, Banjar Irigasi, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten. Padahal, Ponpes tersebut ikut diterjang dan terendam banjir bandang.

Dikutip dari Vivanews.com, Alquran dalam kondisi kering dan bersih di Ponpes La Tansa tersebut ditemukan relawan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Wahdah, Jumardan, pada Sabtu (4/1/2020).

''Mushaf Alquran ini hanya tersentuh sedikit lumpur pada bagian sampul, sedangkan bagian dalamnya utuh, masih jelas terbaca,'' ujarnya melalui rilis yang diterima Vivanews, Sabtu (4/1/2020).

Jumardan mengaku tak percaya, dan tidak masuk akal jika Alquran itu tidak kotor dan tidak basah, karena air yang merendam kawasan tersebut sangat besar.

''Masya Allah, inilah kuasa Allah,'' katanya.

Momentum penemuan Alquran yang tak tersentuh air dan lumpur itu pun didokumentasikan dalam sebuah video berdurasi pendek.

Di kawasan tersebut, relawan Laznas Wahdah, yang merupakan sebuah lembaga kemanusiaan dari Kota Makassar itu melaporkan bahwa sekitar 15 rumah hilang terseret arus saat banjir besar menerjang wilayah Banten yang bersamaan dengan sejumlah kawasan di Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Tak hanya itu, mobil-mobil milik warga dari berbagai merek, ikut hanyut akibat derasnya arus yang membuat warga tak mampu berbuat apa-apa.

Banjir kini sudah mulai surut, sehingga membuat para relawan sudah leluasa masuk ke lokasi kejadian melakukan evakuasi dan membantu warga membersihkan serta melakukan pendistribusian bantuan.***