BEIJING - Terinfeksi Covid-19 (virus corona) tak selalu menunjukkan gejala seperti batuk, demam dan sakit tenggorokan. Itulah yang terjadi pada seorang wanita berusia 20 tahun di Wuhan, China.

Dikutip dari kompas.com yang melansir Science Alert, Senin (24/2/2020), wanita ini melakukan perjalanan menuju Anyang pada 10 Januari lalu.

Kemudian, dia dan kelima anggota keluarganya menjenguk seorang pasien di rumah sakit Anyang. Namun, pasien ini bukan pasien dengan infeksi virus corona.

Seminggu kemudian, salah satu anggota keluarganya mengalami demam dan sakit tenggorokan. Disusul empat anggota keluarga lainnya yang juga mengalami demam dan gangguan pernapasan.

Seluruh anggota keluarga dibawa ke rumah sakit pada 26 Januari dan terbukti positif terinfeksi virus corona. Satu-satunya yang tidak terinfeksi hanyalah wanita muda tersebut.

Dokter kemudian melakukan uji laboratorium, hingga CT scan kepada wanita 20 tahun itu. Hasilnya tetap normal. Namun hari berikutnya, dia positif terinfeksi virus corona, meskipun sama sekali tidak menunjukkan gejala seperti demam, batuk dan sakit tenggorokan.

Hal ini membuktikan, penyebaran virus corona dapat dilakukan oleh orang yang sama sekali tidak menunjukkan gejala terinfeksi.

Ilmuwan melakukan isolasi dan mengobservasi wanita itu di Fifth People's Hospital di Anyang. Dokter mengungkapkan masa inkubasi wanita tersebut selama 19 hari.

Padahal sebelumnya, masa inkubasi virus corona diperkirakan hanya sekitar satu sampai 14 hari. Namun, penelitian selanjutnya mengatakan kemungkinan masa inkubasi dapat mencapai 24 hari.

Untuk saat ini, penularan asimptomatik wanita itu tampaknya menjadi anomali. Akan tetapi para ahli kesehatan telah mendokumentasikan contoh lain, di mana orang dinyatakan positif terkena virus tanpa menunjukkan gejala.

Fakta ini membuat penghentian penyebaran virus corona dari Wuhan ini semakin menantang.

Chinese Centre for Disease Control and Prevention melaporkan sebesar 1,2 persen pasien terinfeksi virus corona tidak menunjukkan gejala apapun.

Hasil ini didapatkan dari data kasus virus corona di Cina pada 8 Desember 2019 hingga 11 Februari 2020.

Seperti kasus virus corona yang ditemukan di kapal pesiar Diamond Princess, di mana 322 dari 621 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona, tetapi tidak menunjukkan gejala.

''Sangat jelas, orang-orang yang terperangkap dalam wabah ini adalah orang yang datang sendiri ke rumah sakit,'' ungkap Anthony Fauci, Direktur National Institute ofe Allergy and Infection Diseases.

Hingga kini, para ilmuwan masih belum yakin apakah orang yang tidak pernah mengalami gejala dapat menularkan virus corona. Seperti yang dialami wanita asal Wuhan, China itu***