SURABAYA - Pesawat Lion Air JT310 rute Surabaya-Banjarmasin kembali ke parkiran setelah sempat masuk ke landasan pacu dan bersiap lepas landas, Ahad (2/12/2018).

Para penumpang kemudian diminta turun dan selanjutnya diterbangkan menggunakan pesawat pengganti.

Dikutip dari tribunvideo.com yang melansir banjarmasinpost.co.id, Ketua Ikatan Dokter -Indonesia (IDI) Kalimantan Selatan (Kalsel) dr Rudiansyah, yang juga penumpang pesawat itu, menceritakan kronologinya.

Pada Ahad pagi, dari landasan pacu, pesawat kembali ke parkiran dan penumpang diturunkan. Penumpang penerbangan pukul 05.45 WIB itu pun kembali ke ruang tunggu Bandara Juanda Surabaya.

''Iya benar, pesawat dari Surabaya ke Banjarmasin JT 310 pada pukul 05.45, sudah jalan tapi malah balik ke parkiran. Batal berangkat, semua penumpang turun, ganti pesawat. Saya salah satu penumpangnya,'' ucap Rudiansyah kepada banjarmasinpost.co.id.

Beberapa penumpang tampak bingung, dan ada pula yang terlihat kecewa.

Rudiansyah mengatakan, informasi yang diperolehnya, pesawat batal terbang karena ada gangguan teknis.

''Jadi pesawat Lion air JT 310 dari Surabaya menuju Banjarmasin Minggu 2 Desember 2018 jam 05.45 WIB batal terbang dengan alasan gangguan teknis saat di tengah Landasan pacu kembali lagi ke parkiran semua penumpang turun,'' ucap Rudiansyah.

''Untung belum sempat mengudara,'' kata Rudiansyah, lega.

Penerbangan ke Banjarmasin itu kemudian dilakukan menggunakan pesawat yang mendarat dari Kupang ke Surabaya pukul 08.00.

Para penumpang akhirnya tiba dengan selamat di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin sekitar pukul 10.15 Wita.

Pihak Bandara Syamsudin Noor membenarkan kejadian ini.

''Sudah saya cek ke Surabaya, aman saja. Dan penumpang landing di Bandara Syamsudin Noor sekitar pukul 10,'' ujar Communication and Legal Section Head Bandara Syamsudin Noor Adit Putra kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (2/12/2018).

''Pesawat landing pukul 10-an di Bandara Syamsudin Noor. Pesawat mengangkut 185 penumpang,'' katanya lagi.***