CALIFORNIA - Setelah 30 tahun menghilang, hiu basking kembali muncul di perairan California, Amerika Serikat, pada 31 Maret dan 20 April 2019.

Dikutip dari kumparan.com, hiu terbesar kedua di dunia ini terlihat di lokasi yang hampir sama, yakni sekitar 4 hingga 6 kilometer ke arah selatan pantai Malibu.

Kemunculannya sempat terabadikan kamera seorang awak kapal yang tak sengaja melintas kawasan tersebut.

''Dalam lima tahun terakhir, saya sudah berada di lautan sebanyak 1.000 kali, dan saya telah banyak melihat ikan paus dan ribuan lumba-lumba. Tetapi, untuk melihat hiu basking, itu adalah hal yang sangat istimewa,'' ujar Skip Rutzick, seorang kapten yang bertanggung jawab atas layanan kapal laut The Duchess Yacht Charter Service, di Marina del Rey, kepada majalah lokal The Agonaut.

Untuk memastikan hewan raksasa tersebut adalah hiu basking, gambar-gambar yang didapatkan kemudian diperlihatkan kepada seorang fotografer bawah laut dan pakar kehidupan laut, Brand Wilbroun. Hasilnya, berdasarkan pengamatan Wilbourn, dengan melihat perilaku dan ukuran tubuh hewan tersebut, ia menegaskan bahwa hewan itu merupakan hiu basking yang diperkirakan memiliki ukuran 6 hingga 7 meter.

''Hiu basking bergerak sangat lambat. Mereka menghabiskan waktu untuk memakan plankton sebanyak mungkin,'' ujar Wilbourn, dikutip dari Newsweek.

Pada awal abad ke-20, hiu basking sebenarnya sering terlihat berkumpul di lepas pantai California untuk memakan plankton. Mereka berkumpul dalam jumlah ratusan hingga ribuan. Akan tetapi, pada 1960-an, jumlah hiu basking semakin menurun akibat penangkapan ikan dan pembantaian dalam jumlah besar. Bahkan, hewan ini masuk ke dalam daftar spesies terancam punah.

Dengan kembalinya hiu basking di perairan California, para ahli berharap bahwa ini merupakan pertanda awal kebangkitan dari hewan tersebut.

''Saya harap ini adalah tanda comeback. Tetapi mengingat variabilitas dalam penampakannya, saya pikir kita harus menunggu beberapa tahun lagi sebelum kita benar-benar yakin bahwa hiu itu telah kembali,'' ujar Heidi Dewar, seorang ahli biologi penelitian perikanan National Oceanic and Atmospheric Administration, kepada The Ventura County Star.

Hiu basking dapat tumbuh dengan panjang hingga 10 meter. Hewan ini merupakan salah satu dari tiga spesies hiu pemakan plankton. Mereka makan dengan mulut terbuka lebar untuk menyedot sebanyak mungkin plankton. Hewan ini juga dianggap berbahaya bagi manusia.***