JAKARTA - Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus corona di Jepang bertambah jadi sembilan orang. Sebelumnya dilaporkan hanya empat orang.

Dikutip dari Republika.co.id, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, kesembilan WNI tersebut tengah dirawat di rumah sakit.

''Saya terangkan nih, WNI yang kena kan juga dirawat oleh pemerintah Jepang yang sembilan orang itu,'' ujar Terawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (24/2).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, empat WNI positif terinfeksi virus corona baru atau Covid-19 di kapal pesiar Diamond Princess. WNI yang positif terkena virus corona tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit di Jepang.

''Sampai saat ini saya telah menerima info ada 4 yang positif kena virus corona di kapal pesiar diamond yang ada di Jepang. Itu sudah dibawa ke RS di Jepang,'' ujar Jokowi di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Jakarta, Kamis (20/2).

Presiden menegaskan, KBRI di Tokyo selalu memantau kondisi kesehatan WNI di sana dan memastikan mendapatkan perawatan sesuai dengan protokol kesehatan dari WHO. Dilaporkan masih terdapat 74 WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess.

''Ini yang terus dikomunikasikan oleh Kemenlu, baik dengan perusahaan kapal, maupun juga kepada pemerintah di Jepang dan kita ingin memastikan mereka mendapat perlakuan sesuai protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan WHO,'' jelas dia.***