JAKARTA - Hubungan calon wakil presiden Sandiaga Uno dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkesan sempat memanas gara-gara keduanya saling sindir. Namun kini, ketegangan antar keduanya sepertinya sudah berakhir.

Dikutip dari tribunnews.com, diberitakan sebelumnya, Ridwan Kamil sempat mengutarakan sindiran kepada Sandiaga lantaran pernyataan sang Cawapres yang meminta gubernur tidak fokus dalam Pilpres 2019.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, Sandi harusnya berkaca pada pengalaman pribadinya dulu.

Sebab dulu, Sandiaga pun pernah terjun langsung mendukung sejumlah pasangan dalam Pilkada Serentak 2018.

Padahal, saat itu status Sandi masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta. ''Pak Sandiaga Uno yang terhormat tolong sebelum memberikan statement berkaca pada pengalaman pribadi. Pada 2018, dia datang ke Jawa Tengah menjadi jurkam Sudirman Said, datang ke Priangan jadi jurkam pasangan Asyik. (Saat itu), Beliau dalam kapasitas Wakil Gubernur, dalam kapasitas wakil publik,'' ucap Emil saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (12/9/2018).

Segera merespon pernyataan Ridwan Kamil, Sandiaga pun langsung menjawabnya. Ditemui secara terpisah, Sandiaga lantas meminta maaf kepada Ridwan Kamil terkait pernyataannya tersebut.

''Terkait pernyataan sahabat saya Pak Ridwan Kamil, saya ucapkan terima kasih dan saya tidak bermaksud saling menjatuhkan. Saya mohon maaf apabila beliau merasa (komentar) itu ditujukan untuk beliau,'' ujar Sandi saat ditemui di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/9/2018).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pernyataannya ditujukan kepada kepala daerah yang masuk dalam koalisi partai pendukung Prabowo-Sandiaga.

''Saya ingin menegaskan bahwa pernyataan saya khusus buat koalisi Prabowo-Sandi. Jadi kebijakan kami adalah kami tidak ingin kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih tersangkut atau tertarik ke putaran Pilpres,'' tuturnya.

Kisruh yang sempat menuai pro kontra di kalangan publik pun itu pun sepertinya sudah usai. Kedua pihak saling berdamai. Hal itu terlihat dari laman Twitter Ridwan Kamil.

Dalam unggahan terbarunya, Ridwan Kamil tampak membagikan potret bersama dengan Sandiaga. Dalam potret terlihat keduanya minum kopi bersama dan tersenyum ke arah kamera.

Sandiaga yang mengenakan kaos berwarna biru terlihat sedang memegangi kamera ponsel. Sedangkan Ridwan Kamil yang mengenakan kemeja lengkap dengan jasnya tampak tersenyum ke arah kamera ponsel Sandi sambil mengangkat gelas kopinya.

Tak hanya potret, Ridwan Kamil pun menuliskan cuitan singkat yang seolah penuh dengan makna, bahwa hubungannya dengan Sandiaga sebenarnya dalam kondisi baik-baik saja.

Bahkan Ridwan Kamil menyebut dirinya dan Sandiaga kini kompak saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.

''.....sementara itu, kami mah damai-damai saja. Saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran, melalui seruputan kopi jawa barat yang memang joss..#anginmalam,'' tulis Ridwan Kamil.

Cuitan Ridwan Kamil (Twitter @ridwankamil) Unggahan yang dibagikan beberapa waktu lalu itu pun menuai beragam komentar dari warganet.***