BATAM, GORIAU.COM - Walikota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ahmad Dahlan mengaku siap jika Batam, daerah yang berdekatan dengan Singapura itu menjadi provinsi, Provinsi Pulau Batam. Dahlan mengklaim, Pulau Batam mampu memenuhi syarat terbentuknya sebuah provinsi.

''Pertama dari segi wilayah. Sekarang ini (syarat terbentuknya provinsi) minimum memiliki tiga wilayah. Batam bahkan sudah memiliki satu kota dan empat kabupaten, yaitu Batam Kota, Batam Utara, Batam Selatan, Batam Timur, dan Batam Barat,'' ujar Dahlan usai menghadiri The 1st ASEAN Summit for Public Relation di Harris Hotel, Batam (Kamis, 5/2/2015).

Yang kedua, kecamatan Pulau Belakang Padang. Sekarang ada tiga industri besar yang berkembang di sana. Terdapat Pulau Janda Berhias dimana Sinopec Kanton (BUMN asal Tiongkok) dan Pulau Kepala Jeri (perusahaan asal Dubai) tengah membangun kilang minyak di sana. Yang ketiga, kawasan wisata Funtasy Island di Pulau Manis.

Dikatakan Dahlan, tiga pulau ini sangat berkembang makanya ekonomi di kecamatan Belakang Padang sangat mengalami peningkatan yang luar biasa. Minimun 30 ribu pekerja teRdapat di tiga pulau tersebut.

''Daerah kan yang terpenting ada wilayahnya (lahannya), ada penduduknya, dan yang ketiga pertumbuhan ekonominya. Saya yakin bisa lebih berkembang dengan cepat (jika Pulau Batam jadi provinsi) dari pemerintahannya (Provinsi Kepri),'' pungkasnya. ***