JAKARTA - Capres nomor urut 02 mengkritik kebijakan impor yang dilakukan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Menurut Prabowo, kebijakan impor tersebut menghancurkan petani.

''Ekonomi kita salah arah, terjadi deindustrialisasi. Pak Jokowi sudah berkuasa 4,5 tahun, kenapa mengizinkan impor? Petani hancur,'' kata Prabowo dalam debat kelima Capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4) malam.

Prabowo mengatakan, harusnya Jokowi melakukan industrialisasi dan hilirisasi besar-besaran, bukannya membuka keran impor dan membangun infrastruktur besar-besaran.

Kemudian Prabowo menyatakan, bahwa dia tidak sepenuhnya menyalahkan Jokowi soal kebijakan impor. Prabowo mengatakan, ada kesalahan dari presiden pendahulu Jokowi, yang menyebabkan Indonesia harus impor.

''Terus terang saja, ini kesalahan besar, kesalahan besar, kesalahan presiden-presiden sebelum bapak, saya tidak menyalahkan Pak Jokowi. Ini masalah kesalahan kita sebagai bangsa dan sudah berjalan belasan bahkan puluhan tahun dan kita harus berani mengoreksi diri,'' ujarnya.

''Kita harus contoh RRC, dalam 40 tahun dia hilangkan kemiskinan, 40 tahun. Kita harus contoh, berani belajar dari yang hebat. Saya tidak salahkan Bapak, ini kesalahan kita semua,'' sambungnya.***