SURABAYA - Pesawat Lion Air JT310 rute Surabaya-Banjarmasin kembali ke parkiran setelah sempat masuk ke landasan pacu dan bersiap lepas landas, Ahad (2/12/2018).

Para penumpang kemudian diminta turun dan selanjutnya diterbangkan menggunakan pesawat pengganti.

Dikutip dari tribunnews.com, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Ahad (2/12/2018), menjelaskan, penerbangan JT-310 direncanakan menggunakan pesawat Boeing 737-900 ER dengan registrasi PK-LGT, akan membawa tujuh kru dan 191 penumpang.

''Sebelum keberangkatan, pesawat sudah menjalani pemeriksaan sebelum terbang (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight),'' kata Danang melalui siaran pers.

Ia menuturkan Lion Air JT-310 memiliki waktu berangkat pukul 05.45 wib Ketika pesawat bersiap menuju landas pacu, dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke landas parkir (return to apron/ RTA) dikarenakan faktor teknis.

''Keputusan ini adalah tepat sesuai SOP, karena safety adalah prioritas utama,'' jelasnya.

Atas koordinasi, kerjasama pilot dan petugas layanan darat, pesawat parkir sesuai tempatnya. ''Seluruh penumpang kembali diturunkan dari pesawat menuju ruang tunggu untuk mendapatkan layanan serta informasi lebih lanjut,'' kata dia.

Kemudian teknisi langsung melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap pesawat tersebut. ''Lion Air sudah menginformasikan sehubungan penundaan keberangkatan JT-310. Lion Air sudah memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) berdasarkan ketentuan,'' tuturnya.

Selain itu, menurutnya Lion Air memfasilitasi sesuai permintaan penumpang, yaitu pengembalian dana (refund) dan perubahan jadwal terbang.

''Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul,'' katanya.

Ia melanjutkan Lion Air telah menerbangkan kembali JT-310 dengan armada Lion Air lainnya yaitu Boeing 737-900 ER registrasi PK-LGY. Pesawat lepas landas pukul 08.16 WIB, mengangkut 187 penumpang dan sudah tiba di Banjarmasin pukul 10.08 WITA.''Lion Air meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air Lainnya tidak terganggu,'' tandasnya.***