BANDA ACEH - Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Medan Prof Sunarmi, melaporkan maskapai Lion Air ke Polresta Banda Aceh, Senin (26/11). Guru besar USU tersebut menuduh pihak Lion Air telah melakukan penipuan terhadap dirinya.

''Yang bersangkutan merasa ditipu karena tidak dikasih tau atau jadwal penerbangan tidak sesuai dengan apa yang diterangkan dalam tiket,'' kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto kepada wartawan di Mapolresta, Rabu (27/11/2019), seperti dikutip dari detik.com.

Sunarmi memesan tiket penerbangan rute Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar menuju Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, untuk penerbangan Senin (26/11) sore, pukul 16.30 WIB. Namun tiba-tiba mereka diberi tahu bahwa jadwal berubah menjadi pukul 13.30 WIB. Sunarmi dan rombongan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda sekitar pukul 13.00 WIB.

Tapi ternyata pesawat Lion Air sudah berangkat pukul 12.00 WIB. Dia tidak terima, sehingga membuat laporan ke polisi.

''Kemarin sudah melapor mungkin sekarang tahap pemeriksaan saksi-saksi. Nanti setelah kita lakukan pemeriksaan akan kita lakukan gelar perkara untuk membuktikan apakah ini ada tindak pidana atau tidak,'' jelas Trisno.

Menurut Trisno, polisi akan melakukan gelar perkara terlebih dulu untuk melihat ada-tidaknya tindak pidana dalam kasus ini. Jika ditemukan pidana, polisi akan meningkatkan statusnya ke tahap penyelidikan.

''Makanya kita proses pemeriksaan saksi, termasuk travel. Dari saksi yang ada akan kita gelar perkara. Karena itu laporan harus kita tindak lanjut,'' ungkapnya.

''Pelapornya dosen USU atas nama Sunarmi. Yang buat laporan 1 orang,'' beber Trisno didampingi Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh AKP M Taufiq.

Berupaya Mediasi

Pihak Lion Air melalui Area Manager Lion Air Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Juli Aspita, mengaku sudah memberitahu para penumpang terkait perubahan jadwal penerbangan.

''Iya ada perubahan jadwal keberangkatan. Namun telah kami informasikan via broadcast ke nomor telepon yang tertera di sistem reservasi,'' kata Area Manager Lion Air Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Juli Aspita saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, informasi perubahan jadwal disampaikan ke nomor telepon yang didaftarkan saat reservasi tiket. Pemberitahuan dilakukan lewat pesan siaran (broadcast) dan pesan tersebut terkirim.

''Perubahan jadwal dikarenakan alasan operasional kami. Kami masih berupaya untuk mediasi,'' jelas Juli.***