NYERI pada payudara tidak hanya membuat kenyamanan terganggu, tetapi juga bisa menimbulkan ketakutan bagi para wanita. Anda jangan langsung merasa khawatir bila payudara Anda terasa perih. Hal itu tidak selalu berkaitan dengan kanker payudara.


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan payudara nyeri dan tidak nyaman. Beberapa di antaranya adalah hal-hal sepele yang tidak perlu dikhawatirkan. Berikut adalah beberapa penyebabnya seperti dilansir laman Medicmagic:


1. PMS


PMS atau pra-menstruasi syndrome adalah keadaan yang sering terjadi ketika wanita sedang menstruasi. Mulai dari emosi yang tidak stabil, nafsu makan meningkat, dan payudara yang terasa lebih sensitif dari biasanya.


Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen menyebabkan payudara biasanya akan lebih mudah sakit. Jenis rasa sakit ini disebut rasa sakit yang terkait dengan siklus menstruasi. Jangan khawatir jika ini adalah penyebab sakit dada.


2. Olahraga berlebihan


Olahraga secara berlebihan, seperti terlalu banyak melakukan sit up, push up, atau mengangkat beban dapat menyebabkan nyeri payudara. Meskipun tampak bahwa payudara terasa sakit, tapi sebenarnya rasa itu bukan berasal dari sana.


Rasa sakit itu berasal dari dari otot di bawah jaringan payudara. Ketika terlalu banyak latihan, otot akan mengencang dan menyebabkan rasa sakit pada payudara.


3. Menggunakan bra yang salah


Banyak wanita tidak sadar menggunakan bra yang kurang tepat dengan bentuk atau ukuran payudaranya. Kadang-kadang Anda menggunakan bra yang terlalu kecil, terlalu besar.


Jika bra terlalu kecil dan ketat, kawat yang ada di dalamnya kemungkinan untuk menekan payudara dan membuat merasa sakit. Hal inilah yang menyebabkan payudara terasa sakit ketika Anda menggunakan bra yang salah terlalu lama.


Demikian juga, bila Anda menggunakan bra yang terlalu longgar dan tidak bisa memberikan "dukungan" untuk payudara. Ini akan membuat payudara bergerak bebas dan menyebabkan rasa sakit.


4. Jaringan payudara tertentu


Ada beberapa wanita yang memiliki payudara yang memiliki benjolan. Secara teknis, ini disebut jaringan payudara fibrosistik. Wanita yang memiliki jenis jaringan payudara akan merasakan nyeri pada payudara mereka saat menstruasi.


Menurut National Breast Cancer Foundation, jaringan payudara membentuk benjolan yang disebut kista berisi cairan. Hal ini tidak selalu berhubungan dengan kanker payudara, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit dan lebih sensitif terhadap payudara ketika perubahan hormonal terjadi.


5. Terlalu banyak minum kopi dan teh


Meskipun kopi dan teh tidak menimbulkan rasa sakit pada payudara, tetapi studi telah mengungkapkan bahwa terlalu banyak kopi dan teh dapat memengaruhi ketidaknyamanan pada payudara, terutama wanita yang memiliki jaringan payudara fibrokistik. Jika Anda memiliki kebiasaan terlalu banyak minum kopi dan payudara terasa sakit, ada kemungkinan hal ini penyebabnya.***