JAKARTA - Ratusan ribu umat Islam yang menghadiri Munajat 212 di Kawasan Monuman Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (21/2) malam, mendoakan agar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, diberi Allah SWT kemudahan untuk kembali ke Tanah Air dengan selamat.

''Ya Allah Ya Tuhan, berikan kemudahan kepada Habib yang dicintai oleh umat Islam untuk bisa segera kembali bersama keluarganya setelah terjadi perubahan besar di Indonesia,'' seru Imam FPI Banten, KH Buya Kurtubi, seperti dikutip dari bisnis.com.

Ratusan ribu umat Islam yang berasal dari seluruh Indonesia, serentak menjawab doa tersebut, ''Amin..Amin..Amin Ya Allah!''.

Pemilu Damai dan Jujur

Sejumlah tokoh nasional terlihat hadir pada acara tersebut, termasuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Mengenakan koko putih dan dikawal Laskar Pembela Islam (LPI), pria yang kini menjabat sebagai Ketua MPR RI itu tiba sekira pukul 20.00 WIB. Sekretaris Jendral PAN Eddy Soeparno pun terlihat mendampinginya.

''Kita berharap, ini kan doa bersama alim ulama dan seluruh masyarakat agar diberikan keberkahan Pemilu-nya damai,'' ujar pria yang akrab disapa Zulhas ini sembari bergegas menuju panggung.

Kendati demikian, Zulhas juga berharap pemilu damai mesti bersandingan dengan kejujuran, keadilan, dan segala pihak taati peraturan.

''Tapi ingat Pemilu damai akan datang ada syaratnya. Pemilunya [harus] jujur, adil Pasal 22,'' ungkapnya.

''Jadi kalau itu dilaksanan secara langsung, bebas, rahasia, jujur, dan adil tiap lima tahun sekali, ini konstitusi,'' tambahnya.

Selain Zulhas, tampak pula Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dan tokoh 212 Neno Warisman menghadiri acara bertajuk ''Mengetuk Pintu Langit untuk Keselamatan Agama Bangsa dan Negara'' ini.

Mantan Ketua MPR RI Amien Rais, juga terlihat di panggung utama Malam Munajat 212. Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) tiba di panggung pukul 21.00 WIB, langsung duduk di baris kedua, persis di belakang Ketua Umum PA 212 Slamet Ma'arif.

Namun hanya beberapa saat duduk, panitia meminta Amien Rais duduk di barisan pertama, berdampingan dengan Presiden PKS Sohibul Imam dan Ketua umum PAN Zulkifli Hasan.

Beberapa saat sebelumnya telah hadir sejumlah tokoh nasional. Beberapa diantaranya Zulkifli Hasan (Ketua umum PAN), Sohibul Imam (Presiden PKS), petinggi Partai Berkarya Siti Hediati Hariyadi (Titiek Soeharto), Hidayat Nur Wahid (mantan Presiden PKS).

Tokoh sentral Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustaz Slamet Ma'arif yang menjadi tersangka dugaan pelanggaran pidana pemilu, juga terlihat di panggung utama.

Slamet duduk berdampingan dengan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Yusuf Martak bersama sejumlah alim ulama, habaib dan tokoh-tokoh nasional.

Pererat Persatuan

Kegiatan Munajat 212 dan zikir bersama ini digelar Lembaga Dakwah Front, sayap organisasi dari Front Pembela Islam (FPI), bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

''Pelaksana acaranya ini adalah Lembaga Dakwah Front dan MUI DKI Jakarta. Isi kegiatannya terdiri dari pengajian, maulid, yasinan, Salat berjamaah dan tausiyah dari sejumlah alim ulama,'' kata Ketua Panitia Malam Munajat 212, Ustaz Habib Idrus Jangkung Alhabsi, Kamis siang (21/2/2019).

Malam Munajat 212 berintikan konten ajakan-ajakan kebaikan dan kemashalatan untuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara.

Sejumlah alim ulama dan habaib menyampaikan tausiyah yang intinya menyerukan seluruh komponen bangsa khususnya Umat Islam untuk berbuat yang terbaik untuk kebaikan bangsa dan negara.***