JAKARTA - Tiga artis, yakni Mulan Jameela, Rachel Maryam dan Krisdayanti, kemungkinan besar lolos ke Senayan atau menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) yang berbeda.

Dikutip dari kumparan.com, politikus Partai Gerindra Andre Rosiade, artis Mulan Jameela merupakan Caleg Gerindra Dapil Garut, Jawa Barat. Sedangkan Rachel Maryam Caleg Gerindra Dapil Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Andre Rosiade juga dipastikan melenggang mulus ke Senayan sebagai anggota DPR. Andre mengungkapkan, dalam Pileg 2019, berhasil mendapatkan suara terbanyak di Dapil-nya Sumatera Barat I.

''Lagi dihitung antara 135 ribu-an deh insya Allah. Saya kursi pertama di Dapil Sumbar I, di Dapil Sumbar I, saya kursi pertama. Kedua, suara tertinggi dalam Pileg di Sumbar baik Sumbar I dan Sumbar II,” kata Andre saat dihubungi, Ahad (28/4).

''Nah yang dapat 100 ribu itu kan belum pernah, saya tertinggi dalam sejarah Pileg DPR RI,'' tambahnya.

Selain itu, Andre menjelaskan rekannya di Gerindra seperti Fadli Zon juga lolos. Namun, Andre belum bisa memastikan berapa suara yang didapatkan Fadli. Sebab, saat ini masih rekapitulasi suara lengkapnya. Fadli bertarung di Dapil Jawa Barat V.

''Pak Fadli Zon lolos. Beliau pribadi di atas 100 ribuan. Kan lagi rekap tapi lolos, Pak Fadli Zon lolos,'' ujar Andre.

''Rahayu Saraswati anaknya Pak Hashim (Hashim Djojohadikusumo) itu insyaallah lolos di dapil Jakbar, Jakut, Kepulauan Seribu,'' lanjutnya.

Untuk musisi Ahmad Dhani, Andre belum bisa memastikan lolos atau tidaknya. Saat ini, kata Andre, suara Dhani masih kejar-kejaran dengan caleg Gerindra lainnya yaitu Bambang Haryo.

''Jadi belum bisa dipastikan oleh DPD Gerinda Jatim apakah Ahmad Dhani yang lolos atau Bambang Haryo, karena masih kejar-kejaran,'' terang Andre.

Krisdayanti Lolos

Sementara penyanyi Krisdayanti yang merupakan Caleg PDIP lolos ke Senayan setelah meraih banyak suara di Dapil V Jatim.

''Iya, alhamdulillah,'' ujar Krisdayanti kepada kumparan, Ahad (28/4).

Menurut dia, ada sejumlah faktor mengapa bisa meraih suara banyak di Dapil V Jatim. Salah satunya, kerja relawan yang maksimal di dapil. Selain itu, ketokohannya juga berperan besar sehingga bisa lolos ke Senayan.

''Kombinasi dari figur, konsep yang tepat dan pelaksanaan yang disiplin juga loyalitas relawan yang hebat-hebat,'' kata Krisdayati.

Mantan istri Anang Hermansyah ini menilai, ia juga bisa melengang ke Senayan karena asli kelahiran Malang. Dapil V Malang meliputi Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang. Ia tak menampik hasil yang diperolehnya sungguh di luar dugaan.

''Kalau menurutku Malang Raya percaya figur saya asli Batu dapat mewakili mereka. Saya enggak tahu, semua di luar dugaan. Saya hanya ikhlas bekerja mendatangi rakyat dengan blusukan,'' jelasnya.

''Karier nyanyi dengan penggemar/pengamat musik sekian tahun dan suara rakyat yang memilih supaya mereka terwakilkan jelas memiliki perasaan yang nikmat di atas semua ucapan syukur dipercaya rakyat,'' lanjutnya.

Hingga kini, Krisdayanti menyebut perolehan suaranya mencapai 90.000. Di dapil V Jatim, Krisdayanti bersaing dengan antara lain Achmad Basarah, Andreas Edy Susetyo (PDIP), Nurhayati Ali Assegaf (Demokrat), Ridwan Hisyam (Golkar), Kresna Dewa Nata (NasDem).***