JAKARTA - Semua pemerintah daerah (Pemda) didorong membentuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Dikutip dari Kompas.com yang melansir siaran pers Kemendagri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan, pihaknya mendorong pembentukan DPMPTSP tersebut untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

''Kemendagri terus mendorong pembentukan dinas tersebut, untuk memberikan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat," ujar Tito dalam Rakornas Investasi Tahun 2020 di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, SCBD, Jakarta, Kamis (20/02/2020).

Tito mengatakan, jika sudah terbentuk, dinas tersebut juga diharapkan memiliki sistem yang terkoneksi dengan online single submission (OSS).

Oleh karena itu, pihaknya pun akan memberikan bantuan pelatihan kepada petugas-petugas DPMPTSP agar mereka memiliki integritas.

Petugas dengan integritas tinggi dibutuhkan agar pelayanan masyarakat yang didapatkan maksimal serta menghindari penyalahgunaan.

Dengan menempatkan orang-orang berintegritas, maka koordinasi perizinan investasi di tingkat daerah pun akan paralel dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

''Kepala daerah mendelegasikan kewenangan perizinanan kepada dinas ini, tapi mereka harus diberikan pada orang yang tepat, orang yang berintegritas, punya kemampuan,'' kata Tito.

''Jangan sampai penyalahgunaan yang mungkin terjadi di kepala daerah berpindah di kepala dinas ini,'' lanjut Tito.***