KAIRO - Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak, wafat Selasa (25/2). Mubarak yang berkuasa di Mesir selama 30 tahun itu meninggal pada usia 91 tahun.

Dikutip dari vivanews.com, kematian Mubarak dipastikan oleh kantor berita Mesir hari Selasa (25/02). Situs berita Al-Watan melaporkan ia meninggal di rumah sakit militer.

Mubarak menjalani operasi akhir Januari lalu. Putranya, Alaa, mengatakan hari Sabtu lalu bahwa Mubarak berada dalam unit perawatan intensif.

Dikutip dari sindonews.com, Mubarak terguling sebagai presiden setelah unjuk rasa melawan pemerintahannya pada 2011. Dia dipenjara beberapa tahun setelah revolusi itu, tapi dibebaskan pada 2017 setelah dinyatakan bebas dari sebagian besar dakwaan.

Mubarak merupakan pemimpin militer dan politik Mesir yang menjabat sebagai presiden keempat Mesir dari 1981 hingga 2011.

Sebelum dia masuk politik, Mubarak merupakan pejabat karir di Angkatan Udara Mesir. Dia menjabat sebagai komandan dari 1972 hingga 1975.

Mubarak menjadi presiden setelah pembunuhan Anwar Sadat. Masa jabatannya pun berlanjut hingga hampir 30 tahun, menjadikan dia pemimpin terlama di Mesir sejak Muhammad Ali Pasha.***