JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, bila Pemilu dilaksanakan sesuai peraturan, maka semua pihak akan menerima hasilnya dengan tenang.

''Penting dalam proses demokrasi untuk dijalankan dengan adil, dengan jujur, dengan tertib, dengan bersih. Supaya begitu sampai hasil, maka semua tenang karena ada kejujuran, ada ketertiban, ada keadilan,'' ujar Anies di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Ahad (26/5), seperti dikutip dari kumparan.com.

Menurut Anies, demokrasi ditentukan oleh kemauan pihak yang kalah untuk menerima kekalahannya. Sebab, menurutnya, rumus dasar demokrasi tidak hanya ditentukan oleh pemenang, tetapi juga pihak yang kalah.

''Semua pernyataan tentang demokrasi itu rumus, rumus mendasar. Jadi itu adalah rumus yang dalam proses demokrasi begitu,'' kata Anies.

Anies menjelaskan, dengan demokrasi yang berjalan baik, maka tidak akan ada dampak yang melebihi batas. Khususnya, antara petugas keamanan dan masyarakat.

''Itu sebabnya banyak dilihat di semua negara. begitu prosesnya bersih, rapi, maka tidak ada ekses, itu penting sekali,'' pungkasnya.***